Kolaborasi Dua Ketua Umum, IMM Sukseskan Sholat Idhul Adha di Dusun Durenan

0
407

Karanganyar, Ahad(10/09/2017) – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Karaganyar melakukan kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka semarak Hari Raya Idhul Adha 1438 H. Bhaksos yang diselenggarakan IMM ini mengambil tema “Gerakan Nurani, Meneguhkan Filantropi, Menebar Solusi untuk Karanganyar Mandiri” bertempat di Dusun DUrenan, Desa Sringin Kecamatan JUmantono sejak Hari Kamis- Sabtu, 31 Agustus – 2 September 2017.

Disela-sela kegiatan bhaktisosialnya, IMM dipercaya oleh warga setempat untuk menjadi Imam dan Khatib pada Sholat Idhul Adha pagi hari itu, (1/9). Sholat Idhul Adha yang dilakasanakan di Masjid Al-Falaq di Imami oleh Ketua Umum PC IMM Karanganyar, Muhammad Rasyid Ridho dan yang menjadi penceramah adalah Ketua Umum PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta, Ahmad Zia Hakim.

Rasyid Rido ditunjuk sebagai Imam Sholat karena lengkingan suara merdunya yang mirip dengan Muzammil Hazballah, sang qari’ terkenal yang saat ini manjadi idola masyarakat Indonesia. Jalannya ibadah sholat begitu tenang menyejukkan dengan suara merdunya. Para jama’ah begitu menghayati lantunan ayat-ayat AL-Qur’an yang digemakan oleh sang Imam.

Seusai sholat dilanjutkan Khutbah Idhul Adha. Dalam ceramahnya, Zia Hakim mengajak para jamaah untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa serta meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sejarahnya adalah bermula dari ujian yang menimpa Nabi Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan sehingga Allah memberinya sebuah anugrah kehormatan Khalilullah (kekasih Allah). Masalah pengorbanan dalam lembaran sejarah pada beberapa peristiwa yang menimpa Nabiyullah Ibrahim AS beserta keluarganya Ismail dan Siti Hajar. Peristiwa itu agar menggugah hati seluruh jamaah untuk berkorban bagi negeri kita tercinta, yang tidak pernah luput dirundung kesusahan. Sebab pengorbanan Nabi Ibrahim yang paling besar dalam sejarah itulah membuatnya menjadi Nabi dan Rosul yang besar, sehingga lahirlah Kota Makkah dan Ka’bah sebagai kiblat umat Islam seluruh dunia.

Usai pelaksanaan Sholat Ied, sebagai bentuk tradisi silaturahmi, para jamaah melanjutkan dengan acara bersalam salaman yang diikuti seluruh warga Dusun Durenan dalam rangkaian yang saling menyambung. Sholat Idhul adha pada tahun ini terselenggara dengan khidmat dan tertib, sekitar kurang lebih 300 masyarat Durenan dan sekitarnya hadir. Selanjutnya dilakukan penyembelihan hewan qurban. Pada Tahun ini paniti penyelenggara menyediakan 3 ekor sapi dan 3 kambing, ditambah dari pengurus IMM 6 ekor kambing dan satu kepala sapi hasil doantur yang dikumpulkannya. Daging hewan qurban akan dibagikan kepada 275 warga setempat. Kegiatann ini disambut sukacita oleh masyarakat, sebagaimana terlihat dari suasana keakraban dan kehangatan, pengurus IMM dan warga setempat menyatu, saling gotong royong, bahu membahu dalam acara tersebut. (Wien)