Gemakan Filantropi, Inilah Aksi 3 Hari IMM Ketika Idul Adha Kemarin

0
376

Karanganyar, Ahad(10/09/2017) – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Karanganyar mengadakan kegiatan bhakti sosial dalam rangka semarak Hari Raya Idhul Adha di Dusun Durenan Desa Sringin Kecamatan Jumantono, Kamis – Sabtu, 31 Agustus – 2 September 2017.

Allahu akbar, allahu akbar, la ilahaillallahu allahu akbar, alahu akbar walillahilhamd. Bunyi suara takbir yang menggema di wilayah Durenan memekak kesunyian malam. Takbir keliling yang diselenggarakan oleh IMM Karanganyar dalam pembukaan Bhaksosnya, membuat riuh gemuruh daerah setempat karena diikuti oleh 160 an warga baik anak-anak maupun orang tua. Mereka berbondong-bondong datang menuju masjid Al-Falaq sejak adzan Isya’ berkumandang untuk mengikuti prosesi pembukaan Bhakti Sosial, Kamis malam kemarin (30/8).

Setelah melakukan sholat jamaah Isya’, anak anak diajak menyusuri jalanan melakukan takbir keliling. Sedangkan orang tua berdiam di masjid sambil melantunkan suara takbir. Anak-anak begitu semangat dan antusias mengikuti. Mereka saling sahut menyahut menggemakan lantunan takbir. Setelah selesai melakukan takbir keliling, sebagai finishnya mereka berkumpul di masjid Al-Falaq untuk selanjutnya dilakukan ramah tamah dengan warga setempat.

Dalam pembukaan tersebut, ketua panitia kegiatan, Muhammad Ja’far Siddiq menyampaikan bahwa IMM mengadakan Bhakti Sosial dalam rangka menggemakan gerakan filantropi di momentum yang sangat mulia yaitu Idhul Adha. Menurutnya kegiatan yang akan dilakukan mulai hari Kamis sampai dengan Sabtu ini akan diisi dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial.

“Pada kegiatan bhakti sosial ini kami akan mengadakan kegiatan Takbir Keliling, Penyembelihan dan Pembagian Hewan Qurban, Dongeng Anak Islam, Kerja Bhakti, Lomba TPQ, Santunan Duafa, Santunan Anak Yatim dan Tabligh Akbar”, kata pemuda mungil ini.

Ketua Umum IMM Karanganyar, Muhammad Rasyid Ridho, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas IMM Karanganyar yang diselenggarakan setiap tahun pada Hari raya Idhul Adha. Kegiatan ini merupakan cerminan pembelajaran seorang mahasiswa untuk kedepan mampu bermasyarakat dengan baik.

“Kegiatan bhakti sosial ini merupakan kegiatan IMM kedua setelah tahun lalu kami menyelenggarakan di Desa Gondosuli Tawangmangu. Di IMM kita mempunyai trilogi yang melekat dalam jiwa kader IMM yaitu religiulitas, intelektualitas dan humanitas. Kegiatan bhaksos ini kita kemas dalam pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial masyarakat sebagai pembelajaran bagi mahasiswa agar kedepan mampu menjadi masyarakat menggerakkan, berkemajuan dan tidak apatis, tuturnya.

Ketua RT Dusun Durenan, Slamet, selaku perwakilan tuan rumah dari warga Durenan mengucapkan terimakasih kepada adik-adik IMM yang bersedia melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Durenan.

Kami sangat berterimakasih kepada adik-adik Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Karanganyar yang melakukan kegiatan bhakti sosial di daerah kami. Semoga mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWT. Dan menjadi pembelajaran bagi adik-adik semua untuk belajar bermasyarakat. Pokoknya kami berterimakasih banyak, mohon maaf jikalau dalam menyambut adik-adik ada kekurangan dari kami,” katanya.

Pada acara pembukaan itu, panitia membagikan puluhan doorprize kapada seluruh warga. Panitia memberikan pertanyaan untuk dijawab. Bagi yang mampu menjawab mendapatkan hadiah dari panitia. Mulai usia anak-anak sampai orang tua berebut menjawab pertanyaan. Panitia pun juga membagikannya kepada lansia.

“ Simbah-simbah yang berumur lebih dari 70 tahun silahkan kedepan. Kami berikan doorpize khusus buat Bapak dan Ibu. Mari……!! Silahkan kedepan…!!” panggil Imrok Atus, sebagai pemandu acara.

Mereka mendapatkan satu-satu doorprize dari panitia. Seusai acara, warga berduyun-duyun meninggalkan lokasi menuju rumah masing-masing dengan bergembira sambil bersalaman mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pimpinan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Karanganyar. (Wien)