Kegiatan “Sekolah Sungai”, 1000 relawan lebih di-apelkan di Alun – Alun Karanganyar

0
506

Karanganyar, 22 September 2016 – Apel akbar seribu (1000) relawan lebih dilaksanakan di Alun – Alun Karanganyar, pagi ini (22/09). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hadir dalam kegiatan itu diantaranya Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo SP, seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Karanganyar, para pejabat BNPB, BPBD Jawa Tengah, BSDA, Sekretaris Daerah dan segenap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Kegiatan yang akan dilanjutkan dengan bersih – bersih sungai tersebut diberi nama “Sekolah Sungai” dengan harapan memberikan studi kepada para relawan dan masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai. Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo SP yang juga ketua Apel menyampaikan banyak hal saat wawancara via phone bersama Radio Swiba Fm.

“.. kita harapkan kegiatan seperti ini mampu menyadarkan masyarakat..”, tandasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan “Sekolah Sungai” tersebut tidak hanya dilaksanakan setelah apel, tetapi hari – hari berikutnya akan terus dilakukan hal serupa bersama masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh relawan dari seluruh elemen masyarakat termasuk siswa sekolah dan pramuka.

“.. seribu relawan ini tidak hanya anggota BPBD, tapi seluruh relawan bencana dari elemen seperti Lembagan Penanggulangan Bencana, MDMC, Kodim, Polres, siswa sekolah dan pramuka..”, tuturnya.

Sementara itu kegiatan gelar Apel 1000 relawan terbagi menjadi enam (6) Kompi yang langsung menuju ke sungai – sungai sesuai dengan kompinya masing – masing. Sungai yang menjadi sasaran pembersihan diantaranya adalah sungai Geneng sampai Siwaluh, sungai Cangakan sampai Kalongan, sungai Siwaluh sampai Tukung dan sungai di Pasar Tegalgede sampai Jetu.

Mendukung kegiatan tersebut, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Karanganyar menerjunkan 10 anggota dan 3 tim medis. Supriyanto, salah satu anggota MDMC Karanganyar ketika dihubungi via phone mengatakan pihaknya bersama dengan tim lain mendapatkan jatah sungai dari Pasar Tegalgede sampai dengan Jembatan Gantung Siwaluh.

“..kita dapat sungai dibelakang Pasar Tegalgede sampai dengan jembatan Gantung, kita bersih – bersih sungai dan alhamdulilah aman”, tambahnya. Oki