Wow… Guru – Guru Pun Masih Butuh Gemblengan

0
471

Karanganyar, Kamis(26/01/2017) – Kembali lagi, United States Agency for International Development (USAID), bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar mengadakan Diseminasi bagi Guru dan Kepala Madrasah Ibtida’iah kemarin Senin s.d Rabu (23 s.d 25 Januari).

Kegiatan Diseminasi tersebut dihadiri oleh Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah se- Kabupaten Karanganyar.
Dalam sambutannya, Kepala Kemenag, Musta’in Ahmad,S.H. M.H, menyampaikan ajakannya untuk menjadi guru yang cerdas.

“Sebagai seorang guru, kita harus cerdas. Mampu mengetahui segala hal dan siap antisipasi terhadap hal yang akan terjadi dimasa depan. Karena sebanyak- banyaknya orang bodoh yang berhasil, lebih banyak orang cerdas yang berhasil. Sebagai seorang Guru, kita juga harus mampu mengetahui tantangan, mengetahui potensi diri serta mengetahui masalah dan cara pemecahannya”, tegasnya.

Diseminasi Modul 3, Pakem bagi Guru dan Kepala Madrasah yang bertempat di MI Muhammadiyah Parakan ini dihadiri oleh perwakilan 2 orang guru dan Kepala madrasah dari masing- masing madrasah se – kabupaten Karanganyar.
Beberapa materi yang disampaikan diantaranya adalah tentang Literasi (anak aktif dalam membuat kalimat dengan tulisan panjang, mendetail, teliti dan sistematis), UNIT 1 oleh Fasda Endang Sri Wahyuni (Pengawas SD Tasikmadu) tentang pengelolaan pembelajaran secara efektif serta mengetahui perbedaan individu dalam pembelajaran, UNIT 2 oleh Fasda Supriyadi tentang cara menyusun KD; Indikator; Kriteria Penilaian serta Skor, UNIT 3 tentang Keterampilan Informasi.

Kegiatan Diseminasi diakhiri dengan praktik menyusun Rencana Pembelajaran dan praktik mengajar oleh Guru- guru dengan penempatan mengajar di madrasah yang berbeda dari tempatnya mengajar. (Sumber: Dwi H MIM Parakan/Foto:Eko)