Urgensi Peran Sekretaris dalam Organisasi

0
4926

Karanganyar – Dalam rangka penguatan peran sekretaris di majelis dan lembaga, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Sekretaris Unsur Pembantu Pimpinan PDM Karanganyar Periode Muktamar 48 di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar yang dihadiri oleh seluruh sekretaris majelis dan lembaga. (24/10/2023)

“Kedudukan sekretaris merupakan adab dalam berorgansasi dan rapinya administrasi merupakan wajah organisasi modern,” ujar Muhammad Arif ketua PDM Karanganyar ketika sambutan pembukaan kegiatan.

Muhammad Arif diakhir diakhir sambutan menambahkan bahwa tugas sekretaris merupakan tugas agama yang sangat mulia, tidak ada catatan amal jariah yang di laporkan kalau tidak ada catatan. Tertib nya organisasi, majunya organisasi dan adab dalan berorganiasi di tentukan oleh sekretaris.

Dalam kegiatan ini PDM Karanganyar menghadirkan Sarilan M Ali selaku sekretaris 3 periode PDM Karanganyar, sekretaris DPD KNPI Karanganyar, dan sekretaris Dewan Pendidikan.

Sarilan M Ali menyampaikan bahwa sekretraris sering disebut sebagai orang kedua, dapurnya organisasi dan dapurnya lembaga ada di seketaris.

“Sekretaris tugasnya menuangkan program menjadi kegiatan, bekerja di belakang meja, merumuskan konsep dari ketua. Selain itu sekretaris harus mempunyai kemampuan dasar planning, organizing, actuating, controling,” tamban Sarilan M Ali.