SMP Muhammadiyah Darul Arqom Mulai Design Club E Sport

0
6555

SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar terus berbenah menghadapi perkembangan IPTEK yang sangat pesat. Di tahun pelajaran 2023/2024 sekolah ini merintis beberapa klub minat bakat seperti English Club, Klub Volley, sepakbola, dan bahasa. Klub minat bakat adalah wadah pengembangan potensi para siswa sehingga kemampuan mereka bisa dikembangkan secara maksimal. Kegiatan klub berbeda dengan ekstrakurikuler. Jika kegiatan ekskul difokuskan pelaksanaan di hari Jumat maka klub minat bakat pelaksanaan kegiatan selain di hari Jumat. Siswa yang mengikuti klub ini akan dibimbing oleh para pelatih yang profesional di bidang masing-masing. Di tahun pelajaran ini ada satu klub minat bakat baru yang mulai didesain pola kegiatannya. Klub tersebut adalah klub E Sport. Seperti yang sudah diketahui bahwa cabang E Sport sudah menjadi salah satu cabang yang dilombakan pada pesta olahraga kancah internasional mulai dari Sea Games hingga Asian games. E sport sudah resmi diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang memiliki kompetisi yang tidak sedikit.

Keberadaan E Sport ini direspon dengan sangat cepat oleh SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Kepala SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Zainal Arifin di sela-sela dialog dengan pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah Darul Arqom meminta para pimpinan untuk membuat contoh terlebih dahulu tentang penerapan E Sport sebagai salah satu cabang minat bakat. Diharapkan setelah pimpinan IPM bisa menerapkan dengan baik dan mengevaluasi maka cabang ini bisa menjadi salah satu club minat bakat di SMP Muhammadiyah Darul Arqom.

Gayung bersambut, selain menyusun desain kegiatan salah satu club E Sport sekolah ini baru saja mengharumkan nama baik sekolah. Club’ E Sport SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar berhasil menjadi juara 2 dalam turnamen Mobile Legends tingkat kabupaten yang diadakan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kegiatan yang diadakan dalam rangka milad SMA Muhammadiyah 1 ini mempertemukan banyak tim dari beberapa sekolah. SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar mengirimkan dua tim untuk berlaga di ajang ini. Sangat disayangkan dua tim tersebut harus bertemu di babak awal pertandingan. Setelah harus saling sikut di babak 8 besar akhirnya tim DA Sport A yang digawangi Yusuf Andika kelas 8B, Ultan Aristo 9B, Bagas M Huda 9C dan yang lain melaju hingga partai puncak.

Di babak final tim SMP Muhammadiyah Darul Arqom beradu startegi dengan tim dari SMP Muhammadiyah 6 Karanganyar. Setelah berjuang hampir 60 menit akhirnya tim DA Sport harus rela menjadi runner-up setelah dikalahkan oleh tim dari SMP Muhammadiyah 6 Karanganyar dengan skor 2-0. Meskipun menjadi runner-up prestasi ini tentu sangat membanggakan dan akan menjadi Pilot Projects pengembangan club E sport di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Tim hanya tinggal menyusun silabus dan model bimbingan yang akan diterapkan di club’ E Sport ini.

Penulis: Giri
Editor: MK