Setelah 2 Tahun, Akhirnya Penulisan Buku Fenomenal Sejarah Muhammadiyah Karanganyar Selesai

0
956

KARANGANYAR – Kerja keras Tim Penulis Buku Sejarah Muhammadiyah Karanganyar akhirnya membuahkan hasil. Ibarat menyusun menyusun ribuan keping puzzle, tim ini harus mengumpulkan data awal berdirinya Muhammadiyah, perkembangan organisasi, Amal Usahanya dan kiprah organisasi ini di Karanganyar hingga sekarang. Tentu bukan pekerjaan yang mudah mengingat banyaknya data yang harus digali. Hunting data tidak hanya dilakukan di daerah, melainkan harus menelusuri ke luar daerah bahkan ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

Dua tahun penulisan akhirnya membuahkan hasil. Buku sejarah Muhammadiyah di Karanganyar dengan judul “Ghirah Dakwah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar” terbit dengan ISBN : 978-623-93828-0-3 diterbitkan oleh Badan Penerbitan Pena12 Press dengan tebal 310 halaman. Launching buku dilaksanakan dalam Rakerpimda ke-3 bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Tafsir, M.Ag, disaksikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul, Mu’thi M.Ed melalui online zoom.

Launching diawali dengan penandatanganan buku oleh Ketua PWM Jateng dan Ketua PDM Karanganyar, disaksikan oleh Wakil Ketua PDM/Penanggung Jawab penulisan buku Drs. H. SR Nur Hidayat, M.Pd dan Ketua MPI PDM Karanganyar yang sekaligus sebagai pengarah penulisan buku, Teguh Triyono, S.H., M.Si.

Foto bersama Ketua PDM Karanganyar, Dr. H. Muh Samsuri, M.S.I dan Ketua Tim Penulis, Kustawa Esye, S.Pd

Dalam kata pengantarnya pada buku tersebut, Kustawa Esye, S.Pd menyampaikan bahwa selama ini masyarakat mengenal tokoh – tokoh dan gerakan amar ma’ruf nahi munkar Muhammadiyah hanya dalam cerita – cerita singkat, karena itulah memasuki abad ke-2 keberadaannya Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengamanatkan untuk segera mendokumenkan dan menerbitkan buku sejarah. Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar memiliki mujahid – mujahid yang perlu didokumentasikan agar generasi Muhammadiyah mendatang tahu dan tidak kehilangan jejak mereka.

Proses penandatangan buku oleh Ketua PWM Jateng dan Ketua PDM Karanganyar

Ketua PWM Jateng, Tafsir, bangga dan menyambut baik kehadiran buku tersebut. Ia mengapresiasi tim penulis karena belum semua PDM di Jawa Tengah melakukan penulisan buku sejarah. Menurutnya PWM bisa semakin mudah menyusun sejarah Muhammadiyah Jawa Tengah bila para PDM telah menulis sejarah Muhammadiyah di daerahnya masing – masing.

“PWM akan dimudahkan menelusuri sejarah Muhammadiyah di Jawa Tengah bila PDM – PDM sudah membuat buku sejarah”, tuturnya. (MPI PDM Kra – Oki)

GALERI FOTO (Oleh Paksi Hidayatullah)