Rakerwil HW, Bupati:Muhammadiyah Pendiri Indonesia! HW Solusi Problematika Bangsa!

0
575

Karanganyar, Senin(01/05/2017) – Ormas Islam yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan merupakan pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM, ketika memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kwartir Wilayah Kepanduan Hizbul Wathan (HW) jawa Tengah di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, kemarin (30/04).

“Muhammadiyah itu yang mendirikan Indonesia, punya hak terhadap kelestarian bangsa dan negara, maka yang harus ditampilkan sekarang itu adalah kepanduan HW”, tegas Juliyatmono.

Menurutnya, kondisi bangsa sekarang ini secara obyektif warga masyarakat sudah tahu, salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah bangsa adalah dengan pendidikan kepanduan terutama Hizbul Wathan. Muhammadiyah Karanganyar harus mengintensifkan Kepanduan Hizbul Wathan dengan ‘penggodokan’ anak sekolah agar di masa yang akan datang bisa memberikan pengaruh untuk negara Indonesia.

“Kondisi obyektif bangsa sekarang ini saya kira semua sepakat, gerakan kepanduan Hizbul Wathan menjadi solusi untuk tampil, melalui anak sekolah khususnya SMA untuk diambil/didik digodok baik fisik dan psikis, akan luar biasa pengaruhnya pada era yang akan datang”, singgung Bupati.

Ketua PDM Karanganyar (Tengah) bersama Bupati Karanganyar (Kiri) dan PWM Jawa Tengah dalam upacara pembukaan Rakerwil HW di SMK Muh 3 Karanganyar.

Juliyatmono juga mengutarakan rasa bangganya kepada Kokam yang istiqomah dan intens mendorong pemerintah agar bisa menjalankan pemerintahan dengan azas berkeadilan. Ia mengajak Hizbul Wathan yang memiliki arti sebagai ‘Pembela Tanah Air’ ini dan para pemuda Muhammadiyah untuk menjadi warga negara yang berkarakter dan berakhlak serta punya visi kedepan untuk menjadikan negara Indonesia ‘baldatun toyibatun warobun ghofur’. Bila para pemimpin tidak punya visi dan keagaamaan yang kuat maka negara Indonesia tidak bisa terbayangkan akan menjadi apa.

“Kita ini punya pemuda – pemuda yang hebat, yang berkarakter, berakhlak tapi punya visi yang jauh lebih hebat seperti HW yang kebangkitannya melalui semangat Jenderal Soedirman”, pungkas Juliyatmono.

Ketua PDM Karanganyar, Muh Samsuri ketika memberikan sambutan dalam Rakerwil HW di SMK Muh 3 Karanganyar

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Drs. H. Muh Samsuri, MSI, menegaskan bahwa gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah gerakan yang mampu menyiapkan generasi muda yang rela berkorban serta memberikan peran yang besar calon penerus bangsa. Gerakan Hizbul Wathan di Karanganyar mampu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun dengan gerakan Kepanduan Pramuka. Baik Pramuka maupun Hizbul Wathan memiliki tujuan yang sama yaitu menyiapkan generasi muda untuk rela berkorban demi negara.

“Gerakan kepanduan punya inti yang sama penyiapan generasi muda yang rela berkorban, kedepan kita ingin gerakan kepanduan Hizbul Wathan ini dapat memberikan peran yang besar dalam pembentukan karakter anak – anak kita”, tutur Samsuri.

Para peserta Rakerwil HW antusias mengikuti jalannya acara hingga selesai.

Acara Rakerwil yang direncanakan selesai setelah Ashar tersebut dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Bupati Karanganyar, perwakilan dari Pramuka, Kodim 0727, Kementerian Agama Karanganyar, para pengurus Kwarwil HW Jawa Tengah, para Ketua dan Sekretaris Kwarda se-jawa Tengah, serta Kepala Sekolah dan Madrasah (AUM) PDM Karanganyar. (Oew/Foto:Oew)