Rajut Ukhuwah Kader dan Tadaburi Alam, DSD HW Karanganyar Selenggarakan Camping Ceria

0
715

Usung tema “ Merajut Persatuan Memperkuat Persaudaraan dalam Membangun Karakter Diri Menjadi Kader Produktif, Kreatif dan Inovatif”, Dewan Sugli Kwartir Daerah Hizbul Wathan (DSD Kwarda HW) Karanganyar menggelar malam keakraban dalam bentuk camping ceria di Bukit Pandang Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Sabtu-Ahad (7-8/11).

Wildan Nazal Abdillah, selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, acara camping ceria dan tadabur alam tersebut digelar atas inisiatif para Pimpinan DSD HW dalam merajut kebersamaan antar personalia guna membentuk kader yang kompeten dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan di Kabupaten Karanganyar.

“Acara ini kita buat untuk mempererat persaudaraan antara anggota dan pengurus Dewan Sugli Daerah yang baru dua bulan lalu dilantik”, ungkapnya.

Menurutnya tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah , “Mempererat tali silaturahmi antar anggota dan pengurus DSD HW, menjalin suasana keakraban dan menghasilkan sikap solidaritas antar sesama melalui kreativitas yang bisa membentuk sebuah jalinan kerjasama maupun jaringan yang baik dalam menjalankan tupoksi sebagai DSD HW”, tambanya.

Selain itu, DSD HW juga menghadirkan beberapa alumni atau purna Dewan Sugli untuk berbagi pengalaman. Salah satu purna DSD HW, Azis Nugroho berbagi pengalaman serta memotivasi pengurus baru Dewan Sugli HW. Ditengah membagikan pengalamannya, Azis berpesan agar selalu merawat ukhuwah agar dalam menjalankan amanah sebagai Dewan Sugli mampu diperankan dengan baik.

“Seperti halnya sebuah permata, jika tak pernah dirawat pasti akan kusam. Namun jika dirawat memberikan kilau yang indah. Begitulah kader HW dipandang indah ketika ia terawat ukhuwahnya. Dan sedikit bicara banyak bekerja selalu melekat pada diri seorang kader militan”, ungkap salah satu mahasiswa Fakultas FAI UMS yang baru merampungkan skripsinya ini.

Sekretaris Kwarda HW Karanganyar, Joko Santoso yang akrab dipanggil Ramanda Jokrit ini sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berpesan agar pengurus DSD HW mampu menjadi kader Hizbul Wathan yang kuat, tangguh dan disegani baik sebagai kader bangsa maupun kader persyarikatan.

“Sebagai salah satu ortom Muhammadiyah, HW memiliki peran penting dalam menanamkan rasa cinta tanah air, membentuk akhlak mulia dan menanamkan aqidah Islam. Jadilah kader yang tangguh yang siap mengemban amanah sebagai pelopor, pelangsung dan penyermpurna Persyarikatan Muhammadiyah”, tuturnya.

Kegiatan makrab dan tadabur alam dalam bentuk camping ceria ini berlangsung meriah. Terbukti sebanyak 35 anggota dan pengurus DSD HW antusias dalam mengikuti acara. Selama dua hari satu malam, mereka dilatih tentang kedisiplinan, kemandirian, kerjasama, jiwa patriotisme, kedewasaan berfikir, penguatan ruhani serta mentadaburi alam sehingga mampu mengenal ruh gerakan kepanduan Hizbul Wathan. Rencananya, camping ceria ini akan diakhiri dengan outbond sebelum peserta meninggalkan lokasi kegiatan.

Kontributor : Sappz