Perkuat Pemahaman Tupoksi Organisasi, IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Gelar Up Grading

0
825

Kabarduabelas.com, –Guna memberikan bekal bagi anggota organisasi, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar menggelar Up Grading dengan tema “ Merajut Asa, Menjalin Cinta Menuju IPM Jaya”, di Kampus 2 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, Rabu (11/11).

Ketua Kegiatan Up Grading, Fery Nur Wahyudi menuturkan kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar sebagai salah satu program kerja bidang perkaderan. Dalam kegiatan ini peserta Up Grading diberikan beberapa materi, diantaranya kepemimpinan, problem solving, manajemen personal, dan manajemen organisasi.

“Kegiatan Up Grading ini termasuk proker dari bidang perkaderan. Tujuan (diadakannya) agar memperluas ilmu keorganisasian, selalu nyaman di IPM dan mempererat hubungan personalia dalam organisasi”, katanya.

Melalui kegiatan ini, Fery berharap anggota PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar mampu menjadi pribadi yang lebih baik serta membawa kemajuan bagi sekolah.

Muh. Azis Qohar selaku Pembina Ismuba SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar menyampaikan dalam pesannya bahwa perkaderan merupakan suatu proses yang lazim guna memperdalam ilmu pengetahuan tentang berbagai hal. Ia juga mengemukakan, untuk merespons suasana krisis yang sedang berlangsung karena pandemi Covid-19, maka Pimpinan IPM harus mengerti identitas, perilaku dan gerakan dari IPM sebagai anak kandung dari Persyarikatan Muhammadiyah.

“IPM itu memiliki identitas gerakan, gerakannya menginduk Persyarikatan Muhammadiyah yaitu sebagai gerakan dakwah, gerakan Amar ma’ruf nahi munkar dan gerakan tajdid. Maka perilaku, ucapan dan sikap IPM harus menunjukkan identitas tadi”, terangnya.

Azis mengingatkan kembali bahwa masa kepengurusan PR IPM 2020/2021 adalah masa kepengurusan yang spesial karena masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19. “Oleh karenanya, semangat kalian harus diperbarui, sikapnya diperbaiki, cara pandangnya yang baik dan cara berfikir yang baik. Sehingga di masa pandemi ini,  dijadikan sebagai tantangan yang akan menumbuhkan inovasi-inovasi dan terus berkreatifitas dalam menjalankan organisasi ini sehingga menghasilkan kontribusi yang lebih baik”, pungkasnya.

Ismail Soleh yang juga salah satu Pembina Ismuba SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar menambahkan bahwa sekolah selain sebagai tempat proses belajar mengajar secara formal. Sekolah dapat menjadi tempat yang tepat untuk mengasah soft skill, salah satunya bergabung di PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar. Menurutnya, ada perbedaan bagi siswa yang mengikuti organisasi dengan siswa yang hanya belajar secara monoton.

“ Yang mengikuti organisasi IPM dan yang tidak mengikuti, nilainya akan berbeda,  pun perilakunya juga akan berbeda”, tuturnya.

Di akhir sambutannya, Ismail Soleh berpesan agar para anggota PR IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar untuk tetap solid, berkomitmen, bertanggung jawab serta menjalankan tugas dengan baik tanpa mengganggu konsentrasi belajar siswa.

Hadir pada kegiatan Up Grading IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar ini adalah Ismail Soleh, S.Pd. selaku Pembina Ismuba 2, Muh. Azis Qohar, S.Sy., M.Pd.I. selaku Pembina Ismuba 3, Bayu Eska Dewanto, S.Pd. selaku Pembina Kesiswaan 1, Adhi Media Purwidyatmoko, S.Pd. selaku Pembina Kesiswaan 3, serta seluruh Pimpinan IPM SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar.

Kontributor : Bayu Eska Dewanto

Editor : Wienz