Eks PG Colomadu akan Jadi Kawasan Wisata dan Pusat Perbelanjaan

0
513

Karanganyar, 27 September 2016 – Sesuai perencanaan, Eks Pabrik Gula (PG) Colomadu, Karanganyar akan dibangun sebagai kawasan wisata, pusat perbelanjaan, dan ruang pameran produk. Pembangunan tersebut akan dimulai tahun ini. Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmon, MM menyampaikan bahwa desain bangunan akan dilakukan secara bertahap tanpa merusak bangunan aslinya. Ia menambahkan akan melibatkan sejumlah BUMN dalam pembangunan tersebut.

“Desainnya seperti apa yang membuat PT Wika [Wijaya Karya] kalau tidak salah. Yang pasti bangunan aslinya tidak akan disentuh alias tetap dipertahankan. Proyek ini melibatkan sejumlah BUMN,” ujar dia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar telah menyediakan 3 Ha lebih lahan untuk Pembangunan Eks Pabrik Gula (PG) Colomadu tersebut. Salah satu BUMN yang akan terlibat dalam proyek PG Colomadu yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI). Rencananya dibuat jalur kereta ke kawasan eks PG Colomadu.

Sementara itu Sekretaris Daerah Karanganyar, Drs. Samsi MSI, mengatakan belum tahu jumlah anggaran yang akan digunakan untuk membangun bangunan eks PG Colomadu karena proyek itu digarap BUMN. Menurut dia, peletakan batu pertama proyek itu akan dilakukan Desember 2016. Dia berharap pembangunan eks PG Colomadu semakin mengangkat pariwisata Karanganyar, utamanya Colomadu.

Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Siti Maesyaroch, mengatakan pembangunan proyek eks PG Colomadu akan dilakukan oleh  enam BUMN.

“Saya tidak hafal semuanya, Tapi di antaranya PT Pertamina, PT Angkasa Pura, PT Jasa Marga, dan PT Pembangunan Perumahan,” tandas nya. (Dari berbagai sumber)