Begini cara MTs Muhammadiyah 3 Kerjo Karanganyar budayakan literasi kepada peserta didiknya

0
429

Karanganyar, Jum’at (17/03/2017) – Budaya akan hilang ketika tidak dibiasakan, termasuk budaya membaca dan menulis (literasi) bagi anak-anak peserta didik. Memahami hal tersebut MTs Muhammadiyah Kerjo Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan media surat kabar di Kota Surakarta HU Solo Pos mengadakan kegiatan “Ayo Membaca dengan Solo Pos” Kamis (16/03) bertempat di halaman sekolah.

Rahyu Puji Lestari, salah satu guru pada MTs Muhammadiyah 3 mengatakan jika kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong kepad anak-anak peserta didik di sekolahnya membiasakan dan membudayakan membaca. “Tidak sekedar membaca saja tentunya, tapi juga memahami isi sebuah tulisan (berita, Red.), juga harapannya dengan terbiasa membaca apapun akan menimbulkan juga minat menulis sekaligus meskipun sekedar berita”.

Yang menarik dari kegiatan “Ayo Membaca dengn Solo Pos” ini menurut Rahayu ternyata mendapat respon antusias dari murid-murid dan juga guru-guru yang ada, hal ini bisa dilihat dari aktifnya peserta baik murid maupun guru untuk merespon pertanyaan-pertanyaan spontanitas yang di sampaikan oleh Tim HU Solo Pos. “Ini membuktikan jika mereka telah benar-benar membaca dan memahami isi tulisan yang ada, nyatanya bisa menjawab apa yang ditanyakan” kata Rahayu.

Menambah semarak acara sebelum dimulai diadakan performance dari anggota Silat Tapak Suci yang merupakan ekstra kurikuler olah raga pencak silat yang wajib bagi perguruan Muhammadiyah. (MPI PDM Kra – JOe/Rahayu).