Baznaskra mengikuti launching Entri Data Nasional 2016 di Semarang

0
496

Karanganyar, 06 Oktober 2016 – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar mengikuti kegiatan ‘launching Entri Data Nasional 2016’ di Hotel Metro Jl. Agus Salim, Semarang selama 3 hari kemarin, Senin s/d Rabu (03-05/10). Kegiatan yang diadakah oleh Baznas Provinsi Jawa Tengah tersebut dihadiri seluruh Baznas Kabupaten se-Jawa Tengah. Kegiatan itu diselenggarakan serentak di seluruh Provinsi se-Indonesia.

Salah satu kegiatan yang disosialisasikan oleh Baznas Provinsi adalah penggunaan Sistem Manajemen BAZNAS (SIMBA). Dengan menggunakan Sistem ini maka pengelolaan Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) oleh Baznas Kabupaten semakin mudah. Sistem tersebut merupakan sistem integrasi, dan akan digunakan oleh Baznas se-Indonesia sehingga siapapun bisa mengakses pengelolaan ZIS termasuk pemasukan dan penyaluran di semua Baznas.

Kegiatan akbar serentak itu juga dimonitor langsung oleh Baznas RI dan Kementrian Agama RI. Di hari terakhir (Rabu, 05/10, red) diselenggarakan teleconference bersama Menteri Agama  RI Lukman Hakim Saefuddin untuk mengetahui ttg perkembangan pengelolaan baznas dan penerapan sistem SIMBA. Tidak hanya bisa melihat Menteri Agama melalui layar, para audience pun bisa menyaksikan Baznas – Baznas se-Jawa Tengah dalam teleconference tersebut. Karena keterbatasan waktu, hanya beberapa Baznas yang diberikan kesempatan dalam teleconference tersebut diantaranya Jawa Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulsel, Papua dan Bali.

“..terima kasih kepada semua pihak atas pengelolaan baznas di kab/kota nya masing masing. semoga dengan digunakan nya Sistem SIMBA ini menjadikan baznas semakin terpercaya sehingga kepercayaan Muzaki dan masyarakat semakin meningkat dan semakin akuntable”, tuturnya.

Sementara itu dari Baznas Kabupaten Karanganyar mengirimkan dua (2) tenaga ahlinya untuk ikut studi tentang SIMBA dengan harapan Baznas Karanganyar mampu menerapkan teknologi tersebut dalam pengelolaan zakatnya.

Semoga kegiatan ini semakin membuat pengelolaan dana ZIS Kabupaten Karanganyar semakin transparan dan akuntable, dapat mudah diakses. (Sumber:Baznaskra)