400 “calon haji” TK Aisyiyah se-Kecamatan Gondangrejo manasik di Asrama Haji Donohudan

0
447

Karanganyar, Ahad (26/02/2017) – Labbaik Allahummalabbaik labbaik laa syariikala laka labbaik.  Innalhamda wani’mata lakawalmulka laasyariikalak……… lantunan suara talbiyah bersahutan bak suasana ibadah haji di masjidil haram. Ratusan anak-anak Taman Kanak-kanak / Bustanul Atfal (TK/BA) Aisyiyah se-Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar mengadakan kegiatan outing bertajuk Haji Kecil Tahun 2017 Bersama TK Aisyiyah se-Kecamatan Gondangrejo  jum’at  (25/02) bertempat di Asrama Haji Donohudan Gondangrejo.

Menurut ketua panitia kegiatan Haji Kecil 2017 se-Kecamatan Gondangrejo, Durotun Nikmah, S.Pd.AUD diikuti oleh 400 anak-anak TK Aisyiyah se-Gondangrejo yang terdiri dari 8 sekolah TK/ABA yang diselenggarakan oleh IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Atfal) Kecamatan Gondangrejo. “selain peserta didik sebagai peserta Haji Kecil 2017 sejumlah 400 anak, pada kegiatan ini juga didampingi oleh 35 guru sebagai panitia” kata Durotun Nikmah yang juga ketua IGABA Gondanrejo ini.

Selanjutnya ia juga menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap 2 tahun sekali sebagai program rutin IGABA Gondangrejo yang disebut program “Haji Kecil” “…..untuk tahun ini kami beri sebutan “Haji Kecil 2017” kata Durotun Nikmah. Selain untuk memberikan latihan kepada anak didik tentang rukun islam yang ke-5 yaitu menunaikan ibadah haji kegiatan ini juga mengadung tujuan secara tidak langsung kepada anak-anak tentang arti disiplin, kesabaran, kekompakan juga sebagai ajang silaturahim mempererat ukhuwah islamiyah bagi anak tentunya guru dan orangtua.

“Secara tidak langsung ini juga sebuah ajang sosialisasi kelembagaan tetang  eksistensi lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini, Red.) Aisyiyah kepada masyarakat yang berisi  muatan ke-Islaman secagai ciri khas pendidikan Muhammadiyah/Aisyiyah” tandas ketua panitia dalam sambutannya.

Acara yang dimulai pukul 07.15 WIB ini  dengan seremonial pembukaan bertempat di halaman Masjid Al-Mabrur kompleks Asrama Haji Donohudan hadir sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan Kepala UPT PUDNFI dan SD Kecamatan Gondangrejo Hj. Yayuk Kristiningsih, S.Pd., sekaligus sebagai Ketua PCA Gondangrejo  dan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gondangrejo H. Muhammad Djumali.

Pemberangkatan kloter dilakukan sesuai dengan nomor kehadiran kabilah di lokasi per rombongan masing-masing sekolah yang ditandai dengan pengibaran bendera warna-warni sesuai kloter (sekolah, Red.) berutan oleh Kepala UPT, Pengawas TK, Ketua PCM, Ketua Dikdasmen PCM dan seterusnya. Selanjutya panitia yang terdiri dari guru-guru TK/ABA membabantu proses pelaksanaan rukun, wajib dan sunah-sunah bagi “Jama’ah Haji”. Dengan tertib anak-anak TK/ABA se-Gondangrejo ini melaksanakan rangkaian praktik ibadah hingga selesai baik berupa sholat 2 raka’at di rukun Yamani, melempar jumrah, tahalul dan lain-lainya dengan kegiatan yang menggembirakan. (MPI PDM Kra – JOe/Sulhan)