Toko modern di Gondangrejo ditutup, Kepala BPMPTSP: Toko modern hanya boleh di Colomadu, Jaten dan Karanganyar

0
371

Karanganyar, Kamis(10/11/2016) – Sebuah toko modern di pinggir Jl. Solo-Purwodadi, Desa Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, ditutup pemiliknya setelah sempat beroperasi tanpa izin selama beberapa hari.

Penutupan dilakukan setelah pemilik ditegur oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar. Kepala Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulato, mengatakan peneguran disampaikan ke pemilik setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar.

Sementara itu kepala Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Karanganyar, Bachtiyar Syarif, mengonfirmasi toko modern di Wonorejo yang belum berizin. Dia kaget mendapat informasi adanya toko modern baru.

Menurut Bachtiyar, pendirian toko modern diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Karanganyar No. 32/2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda No. 17/2009 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Merujuk Perda dan Perbup tersebut, pendirian toko modern hanya boleh dilakukan di Kecamatan Colomadu, Jaten, dan Karanganyar. Itu pun harus memenuhi persyaratan teknis lainnya.

“Gondangrejo tak masuk wilayah yang boleh didirikan toko modern baru,” ujar dia.

Bachtiyar menyatakan toko modern yang sudah ada sebelum Perda dan Perbup disahkan tetap boleh beroperasi. Saat ini terdapat 67 toko modern di Karanganyar.(Sumber:Solopos/Kurniawan/JIBI)