Rakornas PontrenMU : Disepakati Standar Kelulusan Santri PontrenMU

0
657

Karanganyar, Senin (31/10/2016) – Salah satu kesepakatan yang dihasilkan dari Sidang Pleno Rakornas Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMU) di Makasar kemarin, Ahad (30/10), adalah Standar Kompetensi Lulusan PontrenMU. Terdapat 11 poin kompetensi di tingkat SLTA (SMA,SMK dan MA) diantaranya minimal mampu menghafal 5 Juz yaitu juz 1,2, 30,29 dan 28 beserta ayat ayat pilihan dan 250 hadits pilihan. Selain itu juga kemampuan berbahasa Arab, Inggris dan mampu membaca kitab kuning (kutub at-Turats) .

Di samping itu, setiap PontrenMU berkewajiban mengajarkan 6 mata pelajaran ciri khusus, yaitu Aqidah/ ilmu Kalam, Akhlak/ Tasawuf, Al Qur’an/ Hadits (tafsir/ilmu hadits), Tarikh Islam/Nabawiyah, Fiqh/Usul Fiqh (HPT), Manhaj Tarjih dan Falak, serta bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan.

Semua mata pelajaran tersebut telah di masukkan dalam Kurikulum PontrenMU yang telah sesuai dengan Kurikulum 13 (K-13) yang terbaru, karena dibuat oleh pakar pakar pendidikan Muhammadiyah dari Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LP3PPM) dan Ittihadul Ma’ahid Muhammadiyah (Ikatan Pondok Pesantren Muhammadiyah/ ITMAM).

Pada akhir sidang pleno juga telah disepakati tentang telah disusunnya Kurikulum PontrenMU yang punya ciri berkemajuan dengan 8 Standar Pendidikan PontrenMU. Diharapkan semua 175 PontrenMU di Indonesia segera mengunakan Standar Kompetensi tersebut sebagai acuan penyelenggaran. (Nurul Huda)