Peringatan Hari Pahlawan para Siswa SD Aisyiyah Surya Ceria Karanganyar

0
1471

(KB12, Karanganyar-Jateng) Tanggal 10 November tahun 1945 merupakan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Bangsa yang baru merdeka, masih harus menuntaskan perjuangan untuk mengusir para penjajah. Tentara Indonesia dibantu oleh segenap Arek-arek Surabaya-lah yang menjadi pelopor usaha perlawanan terhadap pasukan Inggris yang ingin mencoba menguasai Tanah Air. Hingga meletuslah peristiwa Pertempuran Surabaya kala itu. Tidak sedikit tentara Indonesia maupun Arek-arek Surabaya yang gugur dalam pertempuran.

Pada akhirnya, 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Momen ini digunakan oleh seluruh penduduk Indonesia untuk menghormati arwah-arwah pahlawan. Begitupula dengan yang dilakukan oleh para murid SD Aisyiyah Surya Ceria Karanganyar. Rizal Noventue,S.Pd selaku kepala sekolah menjelaskan bahwasahnya segenap Ibu Bapak Guru SD ASC bersama-sama sengaja mengajak para murid berkunjung ke Makam Pahlawan, yang notabene tidak jauh dari lokasi sekolah.

Rizal yang berkesempatan menyampaikan steatmen kepada kontributor KB12 pada kegiatan tersebut menambahkan, “Kegiatan peringatan Hari Pahlawan ini digunakan sebagai sarana penanaman jiwa Nasionalisme para siswa, sehingga siswa dapat meniru sifat dan sikap positif para pahlawan. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Sebanyak 387 siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD Aisyiyah Surya Ceria turut memeriahkan acara peringatan Hari Pahlawan kali ini. Adam Dirga, seorang murid menyatakan kebahagiaannya dalam mengikuti acara tersebut. “Saya senang jalan-jalan bareng teman-teman, ada yang pakai seragam Polisi, Tentara, Dokter”, imbuhnya dengan polos.

Pada kesempatan yang sama, Drs.H.Juliyatmono,M.M memberikan apresiasi atas apa yang dilaksanakan oleh para siswa beserta guru SD ASC pada peringatan Hari Pahlawan kali ini. ” Saya di Taman Makam Pahlawan, memperingati Hari Pahlawan. Kita tabur bunga dan mendoakan para pahlawan. Kita harus meneladani para pahlawan. Dan bersamaan juga ada anak-anak SD Aisyiyah Surya Ceria. Semoga Anak-anaku pintar semuanya, cerdas semuanya dan akhlaknya baik. Bisa meneladani jasa-jasa para pahlawan”.

Bupati turut senang atas kehadiran para siswa di Taman Makam Pahlawan Karanganyar. Hal tersebut merupakan bukti kepedulian sekolah beserta seluruh civitas akademika di dalamnya, dalam mendukung program pemerintah daerah.
Arizona-Reporter Karanganyar

Bagikan