Percepat Pencarian Terduga TB, SSR Aisyiyah Karanganyar Latih Kader “Investigasi Kontak” se Kabupaten Karanganyar

0
381

Karanganyar, Kamis(30/08/2018) – SSR Aisyiyah Karanganyar gelar pelatihan kader untuk pencarian kasus terduga TB baru di Karanganyar. Kader yang telah dilatih nantinya akan melakukan “Investigasi Kontak” yang berkoordinasi dengan Puskesmas – Puskesmas di Kabupaten Karanganyar. Hal tersebut disampaikan Ketua SSR Aisyiyah Karanganyar, Darsih Al Adib, AMd. Keb, ketika dialog live di SFA Karanganyar Senin kemarin (27/08). Menurut Darsih, SSR Aisyiyah sendiri telah memiliki 48 Kader terlatih yang tersebar di Kabupaten Karanganyar. Dalam pelatihan yang digelar selama 4 hari ini, SSR Aisyiyah Karanganyar melatih 24 Kader dari 9 Kecamatan.

“Ada 24 orang dari 9 Kecamatan yaitu Karanganyar, Karangpandan, Mojogedang, Kebakkramat, Kerjo, Colomadu, Jaten, Matesih”, tuturnya.

Di Karanganyar sendiri terdapat 13 Puskesmas yang nantinya akan diisi 2 orang kader. Darsih berharap dengan adanya para Kader yang dilatih selama beberapa hari dengan disertai praktek lapangan tersebut bisa membuat masyarakat sadar akan TB dan penularannya.

“Harapannya 24 kader ini nanti bisa bekerjasama dengan 48 kader lama yang sudah terlatih. Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari, 3 hari traning dan 1 hari praktek lapangan”, tambah Darsih.

Sementara itu koordinator Program, Subuha Pilar Narendra menambahkan, para Kader nanti akan mendeteksi secara dini gejala – gejala TB yang ada disekitar lokasi target. Kader akan mengunjungi pasien dan orang – orang terdekat yang melakukan kontak langsung sebagai contoh anggota keluarganya.

“Nanti para Kader sistem bekerjanya menggunakan sistem pelaporan, menggunakan formulir seperti formulir TB 16 K yaitu form untuk mencatat seluruh kontak – kontak yang ada sekitar target”, terangnya.

Disinggung tentang apa saja yang diberikan selama pelatihan, Subuha menjelaskan bahwa materi pelatihan adalah modul resmi yang disesuasikan dengan kondisi atau kebutuhan wilayah masing – masing.

“Pelatihan ini merupaan pelatihan resmi dengan modul pelatihan dari pusat, kemudian kita breakdown ke bawah”, jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, para kader selain diberikan pelatihan, juga dilakukan praktek di lapangan ke Puskesmas – Puskesmas.  Dalam pelatihan yang digelar di VIP Room SFA Karanganyar tersebut juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Joko Purnomo, SKm. (MPI PDM Kra- Oki)

Kegiatan pelatihan dan diskusi di VIP Room SFA Karanganyar