KOKAM PDPM Kabupaten Karanganyar hijaukan lereng lawu

0
438

Karanganyar, Jumat (25/11/2016) – Tidak hanya jalur pendakian sebelah utara gunung Lawu yang kemarin (24/11) dilakukan penghijauan. Sisi sebelah barat pun juga dilakukan kegiatan serupa. Salah satu yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut adalah KOKAM, yang merupakan “satuan elit” Pemuda Muhammadiyah. Baca 15 Ribu Pohon Ditanam di Lereng Gunung Lawu.

KOKAM, khususnya di Kabupaten Karanganyar tidak semata hanya untuk kegiatan pengamanan namun lebih membumikan organisasi bagi kemanfaatan bagi umat atau warga masyarakat. Hal ini bisa dibuktikan salah satu kontribusi KOKAM Karanganyar dalam ikut serta pada kegiatan penghijauan.

Kegiatan penghijauan bersama ini deprogram dan diadakan oleh KODIM 0727 Kabupaten Karanganyar dengan mengambil lokasi penghijauan di dusun Tambak, Ds. Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan penghijauan diadakan dalam waktu sehari pada kamis 24 November 2016.

Dwi Sugeng salah satu anggota KOKAM PDPM Karanganyar yang menjadi peserta dari KOKAM menyampaikan kepada redaksi muhammadiyah.or.id PDM Karanganyar bahwa kegiatan ini selain diikuti oleh KOKAM salah satunya juga diikuti oleh masyarakat Ngargoyoso sekitarnya, POLSEK, Organisasi kemsyarakatan (social, agama, pemuda), Pecinta Alam, LSM dan juga pelajar di Kabupaten Karanganyar.

“Kegiatan sukses dan berjalan lancar, hingga selesai belum turun hujan di lokasi”, Kata Dwi Sugeng.

Ratusan bibit pohon tertanam  di lereng gunung lawu sisi sebelah barat ini, acara penghijauan dimulai pukul 07.00 WIB, mayoritas bibit yang ditanam adalah bibit pohon pinus. Area yang kosong karena pohonnya sudah ditebang atau terbakar ditanami kembali. Diharapkan dengan penanaman kembali hutan lereng gunung lawu ini dapat mengembalikan keseimbangan alam dan nantinya mampu menahan tanah di perbukitan dari bahaya longsong ketika curah hujan semakin banyak. (MPI PDM Kra – JOe).