Khidmat dan menarik, pelaksanaan upacara HUT Karanganyar di SMK M3

0
404

Karanganyar, Sabtu(19/11/2016) – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karanganyar semua Guru dan Karyawan SMK Muhammadiyah 3 (SMK M3) karanganyar melaksanakan upacara dengan memakai pakaian adat di halaman sekolah, kemarin pagi (18/11).

Pelaksanaan upacara tidak seperti biasanya karena petugas yang melaksanakannya dilakukan oleh para guru dan karyawan, lebih menariknya lagi pakaian yang di kenakan harus menggunakan beskap jangkep untuk bapak – bapak dan kebaya untuk ibu -ibu.

Kegiatan berlangsung sangat khidmat.
Penggunaan pakaian adat sudah ketetapan dari Bupati Karanganyar untuk memperingati HUT Karanganyar ke-99. Hal ini menjadi bentuk untuk menghayubagya HUT Karanganyar dari sisi nguri-uri kabudayan Jawi, utamanya melestarikan baju adat Jawa Tengah.

Salah satu petugas pengibar bendera berkata ini merupakan upacara HUT Karanganyar yang bagus dan belum pernah dilakukan, karena acara upacara harus menggunakan
bahasa jawa dan harus mengenakan pakaian adat.

Para petugas upacara tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas upacara. Selesai upacara kegiatan berlanjut mengumpulkan beras dari para murid. kegiatan sendiri merupakan gerakan bersedekah yang di canangkan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar.
Kegiatan ini rutin di lakukan tanggal 18 setiap bulannya. beras yang harus dibawa 1/4 kg dan tidak dikhususkan pada murid saja melainkan semua guru dan karyawan. (Ponco)