Hampir 1000 Kantong, Donor Darah Massal Dalam Rangka Hari Jadi Kra ke-99

0
397

Karanganyar, Rabu (23/11/2016) – Palang Merah Indonesia (PMI ) Cabang Karanganyar bekerjasama dengan PMI Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen dan Klaten mengadakan donor darah masal bagi warga Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/11) di Gedung Wanita Karanganyar. Kegiatan tersebut menghasilkan 999 kantong darah.

Donor darah tersebut terbuka untuk umum. Berdasarkan pengamatan di lapangan terlihat kalangan ASN, TNI, POLRI dan warga sangat antusias mengikuti acara tersebut, termasuk pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar.

Kepala PMI Cabang Karanganyar Timotius Suryadi mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan donor terlebih dahulu para calon pendonor diperiksa kesehatannya.

“tentunya dengan pemeriksaan awal, apakah bisa diambil darahnya atau tidak. Hingga akhir acara, telah mencapai 999 kantong darah,” kata Kepala PMI Cabang Karanganyar, Timotius Suryadi, di lokasi acara.

Sementara itu dikesempatan yang sama Direktur Unit Donor Darah  (UDD) PMI Cabang Karanganyar, dr Yaqub Iskandar juga menyampaikan beberapa syarat agar calon pendonor bisa mendonorkan darahnya.

“Syarat lain sehat,umur minimal 17 tahun sampai 60 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, tidak punya riwayat HIV/AIDS, sipilis, donor darah minimal 3 bulan sekali maksimal 1 tahun 5 kali, dan tidak meminum obat dalam 2-3 hari,” tandasnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan donor darah disamping bakti kemanusiaan, pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar ikut mendonorkan untuk kemanfaatan bagi siapapun yang membutuhkan.

“Ini juga sebagai promosi bahwa ASN bebas dari narkoba, karena tes juga melalui darah, kita akan lihat bagaimana. Dulu juga ada tes lewat urine mendadak,” kata Bupati.

Berdasarkan informasi terakhir, total 1.074 warga mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut. (Sumber: Dishubkominfo Kra/Pd)