Pengajian Rutin dan KKG di SMP Muh 10: Guru itu Khalifah, Guru itu Ulama

0
425

Karanganyar, Sabtu (26/11/2016) – Pengajian rutin Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dilanjutkan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) kali ini bertempat di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar. Acara ini dimulai sekitar pukul 10.00 s/d 12.00 WIB.

Pengajian rutin diawali dengan pembacaan ayat suci Al- qur’an oleh Salsabila, siswi sekolah setempat, dilanjutkan ucapan selamat datang dari Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 10. Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih dua jam tersebut, dihadiri oleh Kepala Sekolah dan semua guru dari Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah (MIM) Parakan, MI Mergo Mulyo, MI Ngwaru, MI Dungbang, MI Ceporan dan sebagai tuan rumah SMP Muhammadiyah 10.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar Drs. H. Suharno, M.Pd menyampaikan peran penting seorang guru diantaranya guru berperan sebagai khalifah (pengelola), menjadi pengelola peserta didik untuk menuju pada akhlak yang lebih baik. 

Selain itu Guru juga berperan sebagai ulama, ibarat mencari ilmu, cerdasnya seseorang jika kompetensi yang dihasilkan semakin baik bukan semakin buruk. Guru berperan sebagai pemimpin, memimpin peserta didik kearah yang benar sesuai Qur’an dan Hadist. Kegiatan inti dilanjutkan pengajian bersama Uzt. Harwandi tentang pokok – pokok ajaran Islam. (Kontrib/Handa30maret)