Dunia Ini Butuh Ecobrick

0
3382

Seperti biasa, bukan SMP Muhammadiyah 7 (SMP Mutu) Colomadu namanya jika tidak berkreatifitas dan aktif. Pada 22/1/22 pagi hari pukul 09.00 WIB, siswa-siswi SMP Mutu berkumpul di gedung baru SMP Mutu yang berada di daerah Bolon untuk mengikuti program Pilah, Pilih, dan Pulih Sampah untuk pengenalan ecobrick dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) prodi FKIP Biologi.

Siswa dan siswi berkesempatan untuk mengenal hingga mempraktikkan cara membuat ecobrick. Seluruh siswa SMP Mutu terlihat sangat bersemangat dan antusias dengan kegiatan ini. Bukan hanya sekedar membicarakan teori ecobrick, namun juga mempraktikkan cara membuat ecobrick. Banyak reward yang diberikan pada siswa siswi atas kegiatan ini. Mulai dari pemenang pembuat flyer tentang pilah sampah terbaik, siswa-siswi yang bertanya pada kegiatan zoom mencakup ecobrick beberapa minggu lalu, hingga yang membuat ecobrick paling cepat dan berat. Kegiatan ecobrick ini sangat bermanfaat dan bisa diubah menjadi berbagai barang yang berguna untuk keseharian, seperti kursi, meja, dan lainnya.

Pada kegiatan tadi, beruntung bisa mewawancarai perwakilan UMS yang berada disana untuk mengenalkan ecobrick kepada siswa dan siswi SMP Mutu. “Acara ini berjalan dengan lancar. Dan kami senang karena para siswa disini sangat bersemangat untuk kegiatan ecobrick ini”, jelas Efry Roziaty selaku dosen di FKIP Biologi UMS .

“ecobrick ini juga sangat bermanfaat dan penting untuk disampaikan sebagai ilmu untuk semua masyarakat di khalayak umum. Semoga, beberapa kendala yang terjadi pada hari ini, bisa menjadi evaluasi untuk acara ecobrick di lain hari”, tambahnya mengakhiri sesi wawancara.

Banyak siswa yang mengaku senang dengan acara ini. Pada acara ini juga, siswa siswi bisa melihat kondisi gedung SMP Mutu yang sedang dibangun saat ini. Semoga kegiatan ecobrick ini bisa kembali diadakan kedepannya dan bisa rutin dilakukan. Juga, pengetahuan mencakup ecobrick ini bisa tersampaikan dengan lugas dan jelas kepada masyarakat umum agar bisa bermanfaat dan memberi dampak positif yang besar bagi dunia atas limbah-limbah plastik yang susah terurai, bisa dimanfaatkan dengan dijadikan ecobrick ini.


Oleh : Tiara dan Tim Literasi SMP Mutu