DMI Lepas Sambut Mahasiswa Sekolah Manajemen Masjid

0
373

Karanganyar, Selasa(01/08/2017) – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan lepas sambut ratusan mahasiswanya di Aula Masjid Agung Karanganyar, siang tadi. Para mahasiswa merupakan peserta Sekolah Manajemen Masjid angkatan I dan calon mahasiswa angkatan II. Kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari Rakornas DMI Pusat tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DMI Kabupaten Karanganyar, Abdul Muid, dalam pelaporannya dalam kegiatan siang tadi.

“Ini merupakan hasil dari Rakornas DMI Pusat, diamanahkan setiap DMI provinsi/kota/kabupatan untuk menyelenggarakan Sekolah Manajemen Masjid, tanggal 5-7 Desember 2016 lalu”, tutur Abdul Muid.

Ia menambahkan bahwa ketika pembukaan angkatan pertama sambutan masyarakat terhadap program tersebut sangat positif, terbukti jumlah pendaftar mencapai 350 orang padahal DMI hanya menerima 100 orang saja sebagai mahasiswa. Dari 100 mahasiswa tersebut DMI berhasil mencetak 80 mahasiswa ahli manajemen masjid.

“Akan dilakukan penyerahan sertifikat bagi yang lulus, yang dinyatakan lulus ada 80 mahasiswa, 20 yang lainnya belum lulus”, tambahnya.

Menurutnya, di Kabupaten Karanganyar terdapat 2.247 masjid. Hal itu merupakan tantangan bagi DMI untuk mendidik manajemen masjid yang baik bagi para takmirnya. Pendidikan manajemen masjid adalah gratis, diberikan seragam, kuliah cukup 2x seminggu selama 2.5 bulan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Baznas dan Kantor Kementerian Agama Karanganyar.

Pendidik/pemateri dalam kuliah manajemen masjid bukanlah orang sembarangan, diantaranya Rektor UNS Ravik Karsidi, Dekan Syariah IAIN, Wakil Bupati, Sekda Karanganyar, Kepala Kemenag, MUI dan DMI sendiri.

Lepas sambut mahasiswa yang dimulai setelah Dzuhur itu dihadiri oleh DMI Pusat, Ahmad Yani. Juga dihadiri Para pengurus DMI, Kepala Kemenag dan Baznas Karanganyar. Bupati Karanganyar juga dijadwalkan membekali para mahasiswa dalam acara tersebut. (Iga)