Diguyur Hujan Deras Banyak “Musibah” di Karanganyar

0
397

Karanganyar, Selasa (29/11/2016) – Akhir bulan November dan akan memasuki bulan Desember, intensitas dan curah hujan yang tinggi terjadi di sebagian wilayah Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Karanganyar. Seperti yang terjadi pada hari senin (28/11) dari siang sampai malam Karanganyar diguyur hujan deras.

Pantauan dari kabarduabelas.com hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Karanganyar kemarin menimbulkan banyak dampak “musibah” bagi masyarakat.

img-20161129-wa0008

Keterangan gambar: kondisi GDM Papahan digenangi air dampak hujan Senin(28/11), Doc MDMC Kra.

Sebagaimana dilaporkan oleh Irwan relawan SAR MDMC Kabupaten Karanganyar hujan yang lebat menyebabkan air yang meluap ke jalan-jalan utama dan juga masuk ke rumah-rumah warga dan kantor.

“…info dari lapangan sepanjang jalan dari depan KODIM 0727 sampai dengan Papahan air mengalir di jalan lawu cukup deras bak sungai, genangan air yang cukup tinggi juga terjadi di halaman masjid Agung Karanganyar, yang lebih parah luapan sungai di sebelah timur Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar menyebabkan genangan air ke basement gedung yang ketinggianya hampir sepinggang”, laporan Irwan dari beberapa tim dilapangan.

Sementara itu di Pondok Darul Arqam, Manggis Kel. Lalung Karanganyar juga dilaporakan oleh Ustadz Yusuf bahwa air hujan menyebabkan jalan-jalan tergenang dan bahkan air sudah masuk ke rumah – rumah warga disana.

Dampak lain dari pantuan kabarduabelas.com hujan yang deras kemaren sore juga menyebabkan pohon di pinggir jalan lawu tepatnya di timur kantor POS Papahan tumbang dan sempat menutupi jalan, namun karena kesiapan petugas dari DKP Kabupaten Karanganyar dengan dibantu warga sekitar bisa segera diatasi sehingga tidak menggangu arus lalu lintas yang lama. Selain itu derasnya air yang mengalir melalui jalan utama yang menghubungkan Palur sampai dengan Karanganyar Kota menyebabkab rusaknya aspal jalan, banyak lubang-lubang yang ditimbulkan sepanjang jalan tersebut. Sangat mengganggu pemakai jalan dan membahyakan apabila pengguna jalan tidak wasapada dan kurang konsentrasi, padahal kalau diperhatikan pembenahan jalan atau pengaspalan ini dilakukan belum lama dan sudah beberapa kali juga di “tambal sulam” namun dengan hujan deras tidak lebih dari 24 jama saja aspal sudah banyak yang rusak.

Kepada warga masyarakat khususnya di Kabupaten Karanganyar redaksi kabarduabelas.com mengingatkan untuk lebih waspasda dan juga mempersiapkan segala kelengkapan pribadi menghadari terjadinya hujan lebat sewaktu-waktu, karena sebagaimana rilis perkiraan cuaca oleh BMKG diperkirakan bulan Desember yang akan datang masih terjadi pucak curah hujan yang tinggi di Indonesia. (Kabarduabelas – Joe)