Cybermu1912, Siap Mengawal Muhammadiyah di Dunia Maya

0
436

Karanganyar, Ahad(20/08/2017) – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPI PPM) mengadakan kegiatan Temu Netizen Muhammadiyah dan Kopdar Jarimu (Jaringan Radio Muhammadiyah) Se-Indonesia pada Sabtu – Ahad (19-20/08) bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satu hasil kegiatan tersebut adalah terbentuknya pasukan dunia maya yang berjuluk Cybermu1912.

Menurut Mustofa B. Nahrawardaya dari MPI PPM yang pada kesempatan tersebut oleh peserta Temu Netizen Muhammadiyah Se-Indonesia secara aklamasi didaulat sebagai koordiator pusat Netizmu (nama komunitas sosial media Muhammadiyah, Red.) mengatakan jika Cyber1912 merupakan pasukan inti yang siap “bertempur” membela kepentingan persyarikatan di dunia maya.

“Cybermu1912 ini bukan untuk menyerang pihak lain di dunia maya, tetapi sebuah pasukan cyber yang bertugas untuk menjadi tameng sekaligus memberikan perlawanan manakala Muhammadiyah dijadikan bulan-bulanan oleh pihak lain di sosial media. Kami bukan pencari musuh tapi kedepan juga tidak akan diam ketika ada yang “memusuhi” Muhammadiyah, secara ma’ruf walapun sekedar dalam bentuk klarifikasi pencerahan kami akan lakukan penjelasan terkait isu-isu yang berkembang” kata aktivis media sosial ini.

“Namun demikian Cybermu1912 tidak akan segan pula “menguburkan” akun-akun media sosial yang terang-terangan menyerang Muhammadiyah, kami sebagai pegawalnya” tegas Mustofa.

Temu Netizmu yang diikuti oleh pelaku-pelaku dunia maya dari Sumatera hingga Papua ini selain menyepakati terbentuknya Cybermu1912 sebagai wadah juga menyepakati program kerja, rencana tindak lanjut dan strategi bermedia sosial serta melahirkan kode etik Netizmu sebagai acuan bermedia sosial yang baik tidak bertentangan dengan agama, sosial dan budaya ke-Indonesiaan.

Mustofa B. Nahrawardaya pada penutupan acara Temu Netizen Muhammadiyah Se-Indonesia pasca Deklarasi Cybermu1912 sabtu malam (19/08) menyatakan pihaknya siap menjelaskan lebih jauh tentang keberadaan dan pembentukan Cybermu1912 ini melalui saluran telepon maupun WA di 0812-8111-8444. “Silakan jika masih ada yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, karena saat ini sudah terlalu larut dan peserta sudah lelah setelah seharian melakukan diskusi” pungkas Mustofa. (JOe).