Cetak Wirausahawan Muda, PSBPS UMS Gelar “One Day Busines Training”

0
584

Surakarta – Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta (PSBPS UMS) bekerjasama  dengan E Club dan United States Agency for International Development (USAID) Jadi Pengusaha Mandiri (JAPRI) menyelenggarakan program Pelatihan Kewirausahaan bagi Generasi Muda “One Day Busines Training”, Kamis (5/03) kemarin. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB tersebut bertempat di ruang seminar lantai 7 gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam acara ini disambut baik oleh Yanuar Ihtiyarso, M.I.Kom selaku pegiat PSBPS UMS dan dibuka oleh Afiat Anang selaku Monitoring and Evaluating Specialist USAID JAPRI. One Day Busines Training dihadiri oleh 16 fasilitator dan 270 peserta dengan rata-rata mahasiswa aktif di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan beberapa kampus di sekitarnya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud ingin menyiapkan dan mengembangkan kemandirian wirausahawan muda yang lebih matang berdaya saing, dan siap untuk menjalankan bisnisnya.

Dalam sesi awal diisi oleh Bryan Erfanda Putra / Captain Selling (Founder E Club) sekaligus trainer pada kegiatan ini menyampaikan materi yaitu cara gali ide bisnis, dan pemasaran. Sementara itu Anita Briana Dewi (Owner Tour With Moana) menyampaikan perancangan keuangan dan pengelolaan produksi dan proyeksi keuangan. Pada akhir kegiatan dilakukan Pembuatan Business Model Canvas yang pada akhirnya akan menjadi pedoman para peserta untuk menjalankan bisnisnya. Sesi akhir menghadirkan Rahmad Gan Batik (Owner Kebon Batik, Batik Tuan) sebagai keynote speaker dengan menyampaikan motivasi menjalankan bisnisnya kepada para peserta.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta akan tergabung dalam komunitas E Club Surakarta sebagai bentuk keberlanjutan program untuk saling berkolaborasi dan sinergi dalam mengembangkan bisnis masing-masing atau membuat bisnis bersama. Dalam serangkaian program pelatihan, akan di selenggarakan kembali pendampingan bagi seluruh peserta One Day Busines Training pada selasa, 31 Maret 2020 sebagai bentuk tindaklanjut untuk mengetahui perkembangan bisnis para peserta setelah pembuatan dan penerapan Business Modal Canvas. (Kontributor – Paksi)