Apa itu Gen 9.9? 4 Jam Lebih Uji Kekompakan dan Kreatifitas di SMP Muh Darul Arqom

0
697

Karanganyar, Kamis(07/09/2017) – Sudahkah anda berkunjung ke SMP Muhammadiyah Darul Arqom? SMP unggulan yang terletak di kompleks sekolahan Jl. AW Monginsidi Karanganyar ini sempat heboh beberapa hari lalu. Setelah menunaikan ibadah Idul Adha beberapa hari sebelumnya, Senin kemarin (04/09) sekolah ini menyelenggarakan Gen 9.9. Bagi orang awam apalagi masyarakat umum yang bukan keluarga besar SMP Muh D.A pasti bingung dan penasaran, apakah Gen 9.9 itu?

Sudah menjadi acara tahunan SMP Muhammadiyah Darul Arqom mengadakan pentas seni (pensi) bagi kelas 9. Tahun ini kebetulan merupakan angkatan ke 9, yang mengadakan pensi pun adalah kelas 9. Berikut merupakan wawancara Kabarduabelas dengan Wakil Kepala Sekolah Bestari Citra Resmi, S.Pd., M.Sc.

Kabarduabelas : “Apa itu Gen 9.9? Mengapa memilih nama ini untuk kegiatan kemarin?”

Bestari : “Gen 9.9 merupakan Pentas Seni yang khusus diselenggarakan oleh siswa kelas 9, panitianya juga wali kelas 9. Pensi ini merupakan ajang tahunan sebagai acara pentas terakhir yang dapat dilakoni kelas 9, karena setelah itu siswa kelas 9 akan konsentrasi ke ujian kelulusan dan sudah tidak aktif di banyak kegiatan lagi. Setiap tahun ada pensi dengan tema yang beda – beda. Tahun ini nama angkatannya Gen 9.9, slogannya dijadikan tema acara,
Gold generation awarded to you”.

Ket: Foto bersama guru dan angkatan 9

Kabarduabelas : “Tema yang diangkat adalah ‘Gold Generation Awarded to You’, apa maksud dan tujuan tema tersebut?”

Bestari : “Artinya adalah Generasi emas dipersembahkan untuk anda. Jadi maksudnya pentas ini persembahan angkatan 9.9 yg kita sebut generasi emas, angkanya juga 99 = 9old 9eneration. ”

Kabarduabelas : “Bagaimana persiapan – persiapan hingga acara tersebut berjalan sukses?”

Bestari : “Persiapan kita lakukan selama 1 bulan. Panitianya semua berasal dari wali kelas 9”.

Kabarduabelas : “Apa saja yang ditampilkan dalam acara tersebut?”

Bestari : “Ada banyak hal yang ditampilkan, antara lain Tari Kontemporer, Musik etnik cethik Lampung, Lagu dolanan anak, Modern dance, Drama kabaret, Story telling, Musik parodi, Musik akustik, Paduan suara angkatan 9, Aksi TS, Teatrikal puisi dan Sulap Komedi. Semua tampilan dinilai langsung oleh Kepala Sekolah. Skor paling tinggi diraih Modern Dance tarian hiphop yang ditarikan 6 siswa putra dengan nilai 100. Sedangkan peraih skor tinggi kedua diraih drama kabaret dengan perolehan nilai 98”.

Ket: Salah satu kegiatab Pentas di atas panggung

Kabarduabelas : “Mewakili Kepala Sekolah, apa harapan sekolah setelah adanya kegiatan ini?”

Bestari : “Harapannya kegiatan tersebut bisa menjadi pemacu semangat anak – anak untuk terus meningkatkan kreatifitas guna membekali diri dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk tahun depan angkatan berikutnya harus bisa tampil lebih baik lagi, lebih variatif dan kreatif. Semoga
Angkatan 9 tahun ini bisa menjadi inspirasi terhebat bagi siapapun yang mengenalnya. Seperti judul lagu angkatannya (lagu bisa dilihat dibawah, red).”

Berdasarkan pantauan beberapa hari lalu, panggung Gembira kelas 9 angkatan 9 tahun 2017/2018 yang diprakasai Kepala Sekolah, Zainal Arifin tersebut diawali dengan tilawah kemudian disambung dengan tarian daerah, musiketno, tembang dolanan, kabaret, story telling, dance dan hiphop. Meski dibalut dengan kesenian modern, kegiatan ini masih dalam koridor santun dalam pertunjukan islami.

Ket: Acara terakhir, santap makan siang

Ket: Lagu angkatan 9

Selain untuk menumbuhkan kreativitas, persaudaraan dan kekompakan serta rasa dalam satu angkatan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian perayaan hari raya Idul Adha 1438H. Terlihat performance semua anak kelas 9 ini berhasil memukau penonton yaitu para guru beserta karyawan serta siswa – siswi kelas 7 dan kelas 8. Kegiatan yang dibina oleh 4 wali kelas tersebut dimulai pukul 07.30 hingga 11.45 WIB. (Oew/Noer/Bes)