Segera MCCC dan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Berikan 5000 Vaksin Bagi Masyarakat

0
494

KARANGANYAR – Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dalam rangka mengejar pencapaian Herd Immunity menahan sebaran Virus Corona yang semakin menggila akhir-akhir ini. Sejak awal pandemi Covid-19 sekitar awal tahun 2020 hingga saat ini, Muhammadiyah berkomitmen membantu negara dalam menanggulangi sebaran virus SARS2-CoV-2 ini tidak ketinggalan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan percepatan program vaksinasi.

Melalui lembaga adhoc Muhammadiyah Covid19 Command Center (MCCC) dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar, Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam yang punya komitmen kuat dalam masalah keumatan dan bangsa ini akan menyelenggarakan vaksinasi Covid19 bagi warga masyarakat khususnya di sekitar Kabupaten Karanganyar.

“Bertempat di ruang Al Madinah Gedung Baru Rumah Sakit PKU Muhammadiyah mulai tanggal 9-19 Agustus 2021 akan dilaksanakan vaksinasi Covid19,” kata Sekretaris Pimpinan Daerah Muhmmadiyah (PDM) Karanganyar Sarilan M. Ali.

Sarilan menambahkan jika melalui MCCC PDM Karanganyar mengajukan kuota vaksin sejumlah 2500 peserta yang disetujui pengadaannya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melaui surat nmor : SR.02.06/4/651/2021 tertanggal 05 Agustus 2021. Sedangkan pengajuan oleh pihak RS PKU Muhammadiyah Karanganyar sejumlah 2500 peserta disetuji Kemenkes RI dengan surat nomor : SR.02.06/4/6329/2021 tertanggal 02 Agustus 2021. “Jadi total 5000 peserta, meskipun pengajuan lebih dahulu MCCC namun persetujuan datang lebih awal untuk RS PKU Muhammadiyah Karanganyar yang mengajukan belakangan. Ini terkait birokrasi saja, karena MCCC harus melalui Pimpinan Pusat Muhammadiyah sedangkan RS PKU langsung ke Kemenkes” terang Sarilan.

Sementara itu Wakil Direktur RS PKU Muhammadiyah Dyah Hasni Kurniawati mengatakan alasan pihaknya mengajukan kuota vaksinasi ini sebagai respon atas permintaan masyarakat yang cukup tinggi. “Banyak masyarakat yang menanyakan, bahkan sampai ada yang bilang siap jika harus membayar untuk vaksinasi. Alhamdulillah, yang kebetulan pada bulan Agustus 2021 ini RS PKU Muhammdiyah sedang Milad ke-32 bisa memberikan layanan vaksinasi Covid19 kepada masyarakt secara gratis sesuai ketentuan pemerintah”.

Senada dengan Hasni, sekretaris MCCC PDM Karanganyar Melani Krismonita juga menyampikan pihaknya (MCCC, red) mengusahakan vaksinasi bagi masyarakat yang dilabeli Vaksinasi Covid19 Lintas Agama dan Ormas Muhammadiyah secara gratis melalui Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai respon permintaan masyarakat. “Peserta vaksinasi bukan hanya warga Muhammadiyah tetapi ada dari NU, LDII, umat Nasrani , Hindu dan Budha,” kata aktivisi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini.
Wakil Ketua PDM Karanganyar Suriyanto mengatakan jika inisiasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat ini untuk membuktikan komitmen dan keseriusan Muhammadiyah dalam peran sertanya menangani wabah corona. “Ini bentuk keseriusan kita, bahkan seluruh biaya opersional pelaksanaan vaksinasi ini ditanggung sepenuhnya oleh Muhammadiyah Karanganyar melalui amal usahanya termasuk oleh Lazismu yang selama ini bertanggung jawab atas biaya operasional penanganan Covid19 selama setahun lebih,”pungkasnya. (JOe)

Bagikan