Tak Banyak Bicara, HW Buktikan Sebagai AMM Karanganyar Tergiat Pengumpul Donasi Bencana

0
14

Kabardubelas.com, Karanganyar. –Tidak banyak bercakap, Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GK HW) Kabupaten Karanganyar menjadi Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Karanganyar tergiat dan terbanyak dalam penggalangan donasi bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar), sesuai data yang diterbitkan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Daerah Karanganyar, Rabu (3/2).

Awal tahun 2021, silih berganti musibah menimpa di berbagai penjuru Indonesia membuat prihatin para kader Gerakan Kepanduan (GK) Hizbul Wathan Kabupaten Karanganyar.

Musibah dan kondisi ini disikapi para kader HW dengan tidak meratapinya ataupun malah menyalahkan dan saling menghujat seperti terjadi di media sosial. Sesuai semboyannya, “Sedikit Bicara banyak Bekerja” para kader HW terus melakukan aksi kemanusiaan dengan berbagai macam cara.

Hal ini menjadi langkah positif nyata sekaligus mengikis sikap-sikap apatis, egois, iri hati, senang dengan penderitaan orang lain yang sering muncul dalam komentar-komentar di dunia maya. Sikap iri dengki, suka menyebarkan propaganda, dan ujaran kebencian dari orang yang hanya bisa berbicara di depan layar smartphone tanpa ada tindakan nyata ini, dijawab dengan pergerakan dan aksi nyata oleh para anggota Hizbul Wathan Karanganyar dengan mengumpulkan donasi sebanyak Rp. 11.440.800,- (Sebelas Juta Empat Ratus Empat Puluh Ribu Delapan Ratus Rupiah).

Ketua Kwartir Daerah GK HW Kabupaten Karanganyar, Muh. Taqwim, S.Pd.I. menyampaikan bahwa HW memiliki kode kehormatan siap menolong dan wajib berjasa. Sehingga adanya musibah yang melanda negeri ini harus mengambil peran dan ikut andil dalam misi dakwah kemanusiaan.

“HW mempunyai kode kehormatan siap menolong dan wajib berjasa, harapan saya sebagai Ketua Kwarda HW Kabupaten Karanganyar, karena bencana masih menyelimuti ibu pertiwi maka kader HW di AUM manapun untuk siap berpartisipasi mengambil andil sesuai tingkatannya dalam misi dakwah dan kemanusiaan ini”, ujar Kepala MI Margomulyo Matesih lewat whatsap kepada kabarduabelas.com, Rabu (3/2).

Muh Taqwim juga mengucapkan rasa terimakasih kepada para kader AMM Karanganyar yang telah menyemangati kader Hizbul Wathan dalam melakukan dakwah kemanusiaan pada aksi sosial penggalangan dana donasi bencana alam.

Sebelumnya, HW ikut berperan aktif dalam penggalangan dana bencana alam mulai dari bergabung dengan AMM, qabilah sekolah dan terjun mandiri di lapangan.

Seperti halnya pada Rabu sore (3/2), Kader HW yang terdiri dari Anggota Kwarda, Dewan Sugli Daerah (DSD) dan Dewan Kerabat SMA/SMK Muhammadiyah se- Karanganyar terjun kejalan menggalang donasi kemanusiaan bencana alam.

Meskipun dibawah guyuran hujan menyelimuti Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Bumi Intanpati ini, tidak melunturkan semangat kemanusiaannya yang membara. Mereka berbondong-bondong mewarnai titik-titik lampu merah di Karanganyar. Diantaranya, lampu merah simpang lima Bejen, perempatan Kecamatan Kebakkramat, pertigaan Jaten, perempatan Lalung dan Perempatan Papahan.

Tak berhenti di titik-titik lampu merah, mereka juga menyambangi pasar dan toko-toko guna menggalang dana kemanusiaan. Mereka mendapatkan respon baik dari para donatur yang ingin menyumbangkan hartanya.

Koordinator penggalangan dana, Wildan Nazal Abdillah yang juga sebagai Ketua DSD HW Karanganyar menjelaskan, saat ini Indonesia sedang berduka, dan pihaknya bisa merasakan kesedihan yang dialami masyarakat, mulai dari bencana banjir, longsor, pesawat jatuh hingga gempa bumi yang melanda negeri ini.

Untuk itu, HW mengajak seluruh masyarakat Karanganyar memberikan donasi terbaiknya untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana.

“Mari berpartisipasi serta jiwa rasa kepedulian terhadap sesama manusia. Jangan pernah patah semangat dalam melakukan kebaikan dan tetap Fastabiqul Khairat”, ucap Wildan sambil mengangkat dan mengepalkan tangan kanannya. (Eva/Helmi/Sapzz)

Bagikan