SD Muhammadiyah 1 Tegalgede Raih Dua Juara di Kancah Nasional

0
240

Karanganyar – Pandemi covid-19 berpengaruh pada semua sektor kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas harus dikreasikan tanpa mengesampingkan kesempatan belajar. Termsuk juga kegiatan perlombaan yang sempat terganggu karena keterbatasan kesempatan bertatap muka dan berkumpul. Kondisi ini tidak mematahkan semangat guru dan siswa terkhusus Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Tegalgede untuk berkompetisi mengharumkan nama sekolahnya baik tingkat nasional maupun regional.

SD Muhammadiyah 1 Tegalgede berhasil bersaing dalam kancah Nasional dalam perlombaan We Are The Champions yang diselenggarakan oleh Paradhuta pada tanggal 21 Februari 2021 secara virtual. Perlombaan ini bertujuan untuk mengasah potensi siswa selama pandemi.

SD Muhammadiyah 1 Tegalgede

Perlombaan terdiri dari berbagai cabang diantaranya; Olimpiade, Thafiidz, Menyanyi, Mewarna, Doa, Baca Puisi, Foto, Adzan dan Pildacil. Perlombaan ini di ikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang membawa nama sekolahnya masing-masing di Indonesia. SD Muhammadiyah 1 Tegalgede merebut Juara 1 lomba adzan kategori SD kelas 4-6 dan Juara 2 lomba baca puisi kategori SD kelas 4-6.

Ibrahim Hasanudin selaku Wakil Kepala bidang Kesiswaan SD Muhammadiyah 1 Tegalgede mengatakan bahwa, perlombaan dilakukan secara online dengan sistem penilaian 10% dari Like, 10% dari Komentator dan 80% dari penilaian juri. Sekolah tidak mengalami kendala yang berat dalam mengikuti perlombaan ini karena jauh sebelumnya, siswa SD Muhammadiyah 1 Tegalgede sudah dibina oleh guru muda dibidangnya dan fresh graduate.

Haidar Battar, Juara 1 Lomba Adzan Tingkat Nasional

“Perlombaan diikuti secara online dengan sistem penilaian 10% dari Like, 10% dari komentator dan 80% dari penilaian juri. Kami tidak mengalami kendala yang berat dalam mengikuti perlombaan ini karena jauh sebelumnya, kamu sudah menyiapkan siswa SD Muhammadiyah 1 Tegalgede untuk bersaing di beberapa cabang perlombaan kancah Nasional baik dalam bidang keagamaan maupun sains,” ujar Ibrahim Hasanudin.

Ketika ditemui oleh Kabarduabelas.com, Suwandi, S.Pd.I selaku Kepala SD Muhammadiyah 1 Tegalgede menambahkan bahwa karena keberhasilan siswa-siswi bersaing dalam perlombaan, SD Muhammadiyah mendapatkan kepercayaan yang lebih dari berbagai instansi Sekolah Menengah Pertama yang bersedia memberikan beasiswa kepada siswa siswinya.

“Keberhasilan di tingkat nasional bukan hanya prestasi yang mengharumkan sekolah, akan tetapi sekolah juga mendapat kepercayaan dari berbagai instansi Sekolah Menengah Pertama yang bersedia memberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang berhasil mendapatkan Juara Nasional,” ujar Suwandi.

Feby Nanda, Juara II Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional

Suwandi juga berharap semoga SD Muhammadiyah 1 Tegalgede semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat untuk belajar mengoptimalkan diri karena seluruh tenaga pendidik di SD Muhammadiyah 1 Tegalgede menganggap anak didik seperti anak sendiri.

“Semoga SD Muhammadiyah 1 Tegalgede semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat untuk belajar mengoptimalkan diri karena seluruh tenaga pendidik di SD Muhammadiyah 1 Tegalgede menganggap anak didik seperti anak sendiri. Hal ini terbukti dengan diperolehnya juara naional, seluruh tenaga pendidik ikut bangga dan bersyukur karena dikaruniai siswa siswi yang unggul,” harapan Suwandi selaku Kepala Sekolah.

Prestasi Tingkat Nasional

  1. Juara I Lomba Adzan Kategori SD Kelas 4-6 (Haidar Battar)
  2. Juara II Lomba Baca Puisi Kategori SD Kelas 4-6 (Feby Nanda)
  3. Juara Harapan Lomba Hafalan Doa (Aldi)
  4. Juara Favorit Sains BADR

Prestasi Tingkat Soloraya :

  1. Juara I Baca Puisi
  2. Juara II Adzan FKAM
  3. Juara III Sains BADR
  4. Juara IV Mendongeng

Kontributor : Eva Diana/Hasanudin

Editor : Mel_

Bagikan