MUI Karanganyar Gandeng Muhammadiyah dan Ormas Lainnya Realisasikan Program Kerja

0
77

KARANGANYAR – Ameng-ameng, Omong-omong lan Iming-iming (Saling berkunjung/ silaturahmi, Komunikasi dan Tawaran/ kerjasama) istilah yang pernah dipopulerkan oleh Malik Fadjar tokoh besar Muhammadiyah itu disampaikan oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Karanganyar Abdul Mu’id. Istilah tersebut menjadi poin penting silaturahmi MUI kepada Muhammadiyah Karanganyar, Jum’at (01/10).

Rombongan Pengurus MUI Kabupaten Karanganyar yang dipimpin Ketua Umum Zainuddin bersama belasan pengurus yang lain diterima Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar Muh Samsuri beserta pleno pimpinan, Majelis/ Lembaga, Ortom dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah di Aula Utama Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar.

Selain Ketua Umum MUI, Wakil Ketua Badaruddin dan Juru Bicara MUI Abdul Mu’id menyampikan inti silaturahmi. “Ini permulaan ditahun 2021 dikarenakan pandemi, Muhammadiyah menjadi yang pertama kita kunjungi yang selanjutnya adalah giliran ormas-oramas lain seperti NU, LDII dan MTA karea di Karanganyar ini ada empat Ormas selain pondok-pondok pesantren yang juga akan kita kunjungi.”

“MUI sebagai Ormas yang memayungi Ormas Islam lainnya perlu adanya sinergi dalam konteks dakwah yang semua mempunyai tujuan sama. Intinya dari MUI menghendaki adanya sinergi untuk menjalin ukhuwah dan menggarap bersama program-program yang memiliki kesamaan dan Ormas mempunyai sumber daya dibandingkan MUI,” ungkap Badaruddin.

Abdul Mu’id menambahkan jika MUI pada periode kepengurusan ini mempunyai beberapa program kerja diantaranya : Pembekalan Da’I, Sosialisasi Makanan Halal yang menurutnya dipasaran masih banyak pelaku usaha yang tidak memahami syar’i tekait kehalalan misalnya memasak saren (darah goreng) menggunakan wajan yang sama untuk menggoreng makanan halal dan ada juga penjual ayam menyembelih seratus ayam membaca basmallahnya hanya sekali diawal. Prpgram lain adalah Pelatihan Penyembelian Hewan Syar’i, Rumah Mualaf dan Gerakan Sadara Narkoba.

Menanggapi maksud dan tujuan kunjungan MUI ke Muhammadiyah, Ketua PDM Karanganyar pada prinsipnya mendukung dan sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh pihak MUI. “Intinya kami dari Muhammadiyah sangat mendukung dan siap ikut memfasilitasi program-program kerja dari MUI, jika ada kebutuhan terkait program dapat digotong bersama-sama dengan Ormas Islam yang ada di Karanganyar. Tempat dan sumber daya manusia yang sesuai kebutuhan kami juga siap untuk mefasilitasi,” kata Muh Samsuri.

“Terakit kegiatan silaturahmi, dari Muhammadiyah mengusulkan agar MUI menjembatani pertemuan antar Ormas secara periodik dan bergiliran tempatnya sehingga bisa lebih sama-sama tahu kondisi termasuk pimpinan-pimpinan pada Ormas lain. Jumlah peserta masing-masing Ormas bisa ditentukan dan disepakati yang mengikuti silaturahmi” pungkas Muh Samsuri sebelum acara diakiri karena sudah masuk waktu asar. (JOe).

Bagikan