Merapi di Ambang Erupsi, PDM Karanganyar Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi

0
11

Kabarduabelas.com, KARANGANYAR –Hingga saat ini Gunung Merapi masih berada pada status Siaga atau level III menjadikan ribuan pengungsi yang mayoritas anak-anak dan lansia masih menempati barak-barak pengungsian sejak pertengahan November lalu.

Selain itu, warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Merapi juga membutuhkan bantuan pangan serta pakaian, ditengah kekhawatiran erupsi Gunung Merapi.

Melihat kondisi tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) serta Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Karanganyar menyalurkan bantuan berupa paket kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak serta kelompok rentan lainnya untuk pengungsi Gunung Merapi yang berada di Desa Bale Rante dan Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Rabu (13/01).

Menurut Drs. Ngadiman, M.Si, selaku koordinator penyaluran bantuan dari MDMC mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan merupakan hasil penggalangan dana warga Muhammadiyah Karanganyar yang dilakukan oleh LAZISMU Karanganyar. Bantuan tersebut akan disalurkan lewat Pos Koordinasi Siaga Merapi Muhammadiyah Klaten di kompleks eks SMP Muhammadiyah 14 Klaten.

Selanjutnya, Ngadiman juga mengatakan paket bantuan yang akan disalurkan antara lain berupa logistik, popok bayi, pembalut wanita, hingga hand sanitizer.

“Bantuan yang kita salurkan berupa barang-barang kebutuhan spesifik kelompok rentan, antara lain, popok bayi dan lansia, pembalut wanita, beras, mie instant serta hand sanitizer”, kata Ngadiman di kantor LAZISMU Karanganyar, Rabu pagi (13/1).

Bantuan berupa paket kebutuhan spesifik tersebut akan diangkut dengan mobil pick up dan rescue MDMC yang diberangkatkan langsung oleh Ketua PDM Karanganyar, Dr. H. Muh Samsuri, M.SI.

Sebelum diberangkatkan, Muh Samsuri memimpin doa agar dalam perjalanan menuju Posko Siaga Merapi mampu dilalui dengan lancar. Setelah itu, Muh Samsuri melepas rombongan penyalur bantuan bagi pengungsi Merapi di halaman kantor LAZISMU Karanganyar.

Sambil melepas rombongan penyalur bantuan, Muh Samsuri mengucapkan terima kasih kepada warga Muhammadiyah Karanganyar yang berbondong-bondong memberikan bantuan lewat LAZISMU guna meringankan beban para pengungsi Gunung Merapi dan mengapresiasi para relawan Muhammadiyah Karanganyar yang selalu bersemangat menjalankan tugas misi kemanusiaan.

“Terimakasih, semoga yang membantu mendapat pahala, dan amalnya diterima oleh Allah, dan yang terbantu semoga lebih bermanfaat dan meringankan beban mereka, semoga amal kebaikan kita semua diterima disisi Allah. Saya berangkatkan dengan membaca Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”, pungkasnya. (Nizar/Sappz)

Bagikan