KOKAM PCPM Karanganyar Gowes Pancasila

0
202

Olahraga bersepeda atau yang lebih populer dengan istilah gowes, menjadi olahraga paling di gemari saat ini, apalagi di saat pandemi Covid-19, gowes menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Begitupun yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kecamatan Karanganyar. Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni bertajuk ‘Menjaga Pancasila untuk Indonesia Berkemajuan’, KOKAM PCPM Kecamatan Karanganyar menyelenggarakan KOKAM Gowes Pancasila di halaman MI Muhammadiyah Karanganyar, Selasa (1/6).

Kegiatan KOKAM Gowes Pancasila diikuti sekitar 70 an peserta yang juga diramaikan dari Organisasi Otonom Muhammadiyah Karanganyar, komunitas pecinta sepeda dan sejumlah unsur masyarakat lainnya.

Doa bersama sebelum keberangkatan gowes

Dalam kesempatan tersebut Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Karanganyar mengundang secara langsung Bupati yang diwakili Kepala Bidang Olahraga dan Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)Kabupaten Karanganyar, Ardiyanto, S.STp, M.M., dan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Karanganyar, Sutarno, S.Pd.I, sehingga menambah semarak kegiatan selasa pagi yang mempunyai udara segar dan menyehatkan ini.

Ketua Panitia KOKAM Gowes Pancasila, Dian Lara Febriyanto menyampaikan bahwa gowes di mulai dari halaman MI Muhammadiyah Karanganyar menuju rute wilayah Kelurahan Jantiharjo lalu melewati wilayah Kelurahan Lalung dan finish kembali di halaman MI Muhammadiyah Karanganyar. Sedangkan untuk lebih memeriahkan kegiatan tersebut, panitia menyiapkan puluhan doorprize dan sebuah hadiah utama sepeda gunung dari Bupati Karanganyar.

Saat melepas keberangkatan peserta gowes di halaman MI Muhammadiyah Karanganyar, Ardiyanto, mewakili Bupati Karanganyar mengaku bangga karena ditengah-tengah lunturnya nilai-nilai kebangsaan generasi muda, masih ada sosok pemuda yang masih peduli terhadap bangsa dan negara Indonesia. Sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga di Disparpora, Ardiyanto akan mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang mengarah pada olahraga dan kepemudaan.

“Monggo, suatu saat nanti dari PDPM ataupun PCPM, mungkin ada suatu kegiatan di bidang pemuda maupun di bidang olahraga, kami dari dinas (Disparpora) siap memfasilitasi”, ujarnya.

Menjaga Pancasila untuk Indonesia Berkemajuan

Dengan merayakan hari lahirnya Pancasila, bangsa ini hendak mengenang peristiwa yang dihasilkan melalui percakapan yang sedemikian mendalam dan demokratis dari para pendiri bangsa kita. Para pendiri bangsa ini secara terbuka dapat menerima berbagai pikiran dan gagasan, dan meramunya menjadi konsensus dasar bernegara. Dengan penetapan Pancasila selanjutnya disusun Undang-Undang Dasar negara RI yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila, bangsa ini diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat. Merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa. (Sapzz)

Bagikan