Berita Daerah

Inilah 5 Poin Penting Rakoord Triwulan Putaran ke-10!

Karanganyar, Ahad(12/01/2020) – Ada 5 poin penting yang menjadi prioritas sambutan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Dr. H. Muh Samsuri, M.S.I, dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakoord) Triwulan putaran ke-10 pagi ini. Mulai dari kegiatan Muktamar yang akan digelar tahun ini di Solo , perkembangan AUM Kesehatan dan Pendidikan, hingga konsolidasi antar lembaga/majelis di interen PDM Karanganyar. Ke-5 poin yang disampaikan Ketua PDM dua periode berturut – turut ini adalah sebagai berikut :

(1) Sukses Muktamar.

Muh Samsuri menegaskan bahwa warga Muhammadiyah Karanganyar merupakan penyangga utama suksesnya muktamar. Terlebih muktamar yang akan digelar di Solo sudah semakin dekat tinggal 170 hari lagi. PDM/PDA se-Solo Raya yang menjadi tuan rumah harus melaksanakan tugasnya dengan baik diantaranya menjadi panitia, penggembira dan relawan Muktamar. Bahkan Muh Samsuri mengajak kepada seluruh peserta Rakoor untuk ber yel – yel bersama.

“Mari kita awali rakoord dengan menggelorakan yel – yel muktamar, Muhammadiyah, Memajukan! Muktamar, Mencerahkan! Panitia, Menggembirakan!!”, tutur Muh Samsuri yang diikuti oleh seluruh peserta Rakoord.

Ia pun menghimbau agar syiar dan gema Muktamar untuk selaludisosialisasikan kepada masyarakat dalam bentuk apapun seperti MMT, spanduk, stiker, branding mobil, banner medsos, media cetak dan media elektronik. Bahkan juga sudah disediakan format branding sehingga warga tidak perlu bersusah payah mendesainnya.

“Di MD Digital Printing sudah disediakan format branding muktamar”, tambah Muh Samsuri.

Ketua PDM Karanganyar, Dr. H. Muh Samsuri, M.S.I memberikan sambutan dalam rakoord triwulan putaran ke-10 di SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo.

Tidak hanya sosialisasi dengan MMT, untuk memyemarakkan Muktamar juga dilaksanakan Gowes dari Kantor PDM se-Solo Raya ke Edutorium UMS setiap Ahad terakhir dan jalan sehat syiar Muktamar.

Untuk diketahui bahwa Muktamar Muhammadiyah/Aisyiyah ke-48 akan dilaksanakan tanggal 1 s.d 5 Juli 2020 di Komplek Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sidang Muktamar Muhammadiyah berada di Gedung Edutorium UMS sedangkang sidang Muktamar Aisyiyah bertempat di Gedung Serba Guna UMS.

(2) Pembangunan Gedung Baru RS PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Gedung baru RS PKU Muhammadiyah Karanganyar direncanakan tiga lantai dengan kapasitas 300 bed/tempat tidur, sebelumnya 158 bed. Peletakan batu pertama telah dilaksanakan Kamis 1 Agustus 2019 kemarin bertepatan dengan Milad 30 tahun Muhammadiyah oleh Ketua PP Muhammadiah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum. Menurut samsuri, akan banyak pelayanan baru di RS PKU Muhammadiyah.

“Layanan baru yaitu hemodialisa atau cuci darah, penambahan ruang poli dan pusat perkantoran”, tuturnya.

Menurut Samsuri, saat ini selain Rumah Sakit, juga telah memiliki Klinik Pratama Rawat Inap di Jatipuro dan sedang mempersiapkan Klinik Rawat Inap Pratama Tawangmangu.

Para Pimpinan PDM dan PDA tampak antusial ber yel – yel bersama Ketua PDM Karanganyar

(3) Penerimaan Peserta Didik Baru.

Ketua PDM Karanganyar menghimbau kepada semua AUM Pendidikan untuk mulai turun ke sekolah/madrasah, masyarakat ke orang tua siswa menjemput calon siswa, jangan menunggu di belakang meja bahkan semua guru/karyawan diwajibkan membawa calon siswa.

(4) Pengajian Muhammadiyah.

Muh Samsuri mengajak agar jangan ragu – ragu untuk menamakan pengajian di AUM, PCM, dan PRM dengan nama Pengajian Muhammadiyah, jangan abu – abau dan malu karena Manhaj Muhammadiyah jelas dan identitas Muhammadiyah jelas yaitu sebagai organisasi Islam, organisasi dakwah dan organisasi tajdid.

Pengajian pengajian Muhammadiyah yang baru dirintis saat ini sedang menggeliat. Sebagai contoh pembukaan pengajian yang bertempat di Masjid At-Taqwa Bodeyan Delingan Karanganyar dengan Mubaligh pertama Ketua PDM Karanganyar dan pembukaan pengajian ahad pagi PRM Waru Kebakkramat mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengajian dengan nama pengajian Muhammadiyah diterima oleh jamaah dan warga.

(5) Konsolidasi Majelis/Lembaga.

Musyda PDM Karanganyar diperkirakan bulan Februari 2021 sedangkan Musypimda 1 atau 2 minggu sebelum Musyda. Dari sisa waktu 1 tahun tesebut, Ketua PDM menghimbau agar para pimpinan Majelis/Lembaga/AUM dan PCM agar mengoptimalkan pelaksanaan program kerja hasil Rakerpimda, mengadakan rapat rutin dan konsolidasi.

Tausiyah bersama Ketua PP Muhammadiyah, dr. H. Aqus Taufiqurrahman, M.Kes., Sp.S

Rakoord Triwulan putaran ke-10 sendiri diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 1 Karanganyar yang bertempat di Kecamatan Gondangrejo. Hadir Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi MPKU, dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes., Sp.S., Forkompimca Gondangrejo, Pleno PDM, Pimpinan Lembaga/Majelis/Ortom, Pimpinan AUM, Sesepuh, dan seluruh keluarga besar Muhammadiyah Kecamatan Gondangrejo. Dalam sambutannya, Agus Taufiqurrahman mengajak agar setiap kegiatan disempatkan juga dinyanyikan lagu Sukses Muktamar.

Tema yang diambil dalam Rakoord adalah “Jihad Kesehatan Untuk Indonesia Berkemajuan”. Tema tersebut diangkat sebagai motivasi PCM Gondangrejo yang memiliki Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pendidikan lengkap, namun belum memiliki AUM Kesehatan. Saat ini PCM Gondangrejo sendiri telah memiliki 7 MI, 7 SMP, 2 MTS, 1 SMA, 1 SMK dan 8 TK. AUM Kesehatan yang akan direncanakan untuk didirikan nantinya bisa berupa Klinik Pratama, Klinik Utama, atau langsung mendirikan Rumah Sakit tipe D. (MPI PDM Kra – Oew)

GALERI

Facebook Fanpage

Suara Warga

Suarakan kabar anda di Twitter dengan hastag #kabarduabelas , otomatis muncul di bawah ini.