Dimulai Hari Ini, Kuota 2500 Peserta Vaksinasi #2 Oleh MCCC Karanganyar

0
137

KARANGANYAR – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Karanganyar sebagai elemen Persyarikatan Muhammadiyah yang khusus menangani dampak pandemi Covid19 hari ini 15 hingga 21 September 2021 akan menuntaskan salah satu agenda kegiatan vaksinasi Covid19. “Selama sekitar lima hari kedepan, mulai Rabu (15/09) akan dilaksanakan vaksinasi kedua kepada 2500 orang peserta yang telah melaksanakan penyuntikan tahap pertama sekitar hampir sebulan lalu”, kata Melani Krismonita dari MCCC Karanganyar.

“Jadwal bagi para peserta dengan kuota harian masing-masing telah disampaikan melalui koordinator kelompok masing-masing, baik untuk kelompok lintas agama non muslim maupun lintas ormas islam”, tambah Melani.

Vaksinasi ini sendiri merupakan peran dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar yang secara struktural sampai pimpinan pusat telah bekerja sama dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan membantu proses percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat.

“Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mewujudan Herd Immunity bagi masyarakat dalam menghadapi sebaran wabah corona yang hingga saat ini belum hilang dari Indonesia bahkan hampir seluruh belahan dunia”, kata sekretaris PDM Karanganyar Sarilan M. Ali beberapa waktu yang lalu.

Menurut Sarilan, kegiatan Muhammadiyah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 sejak awal Maret 2020, namun pihakmya telah membentuk satuan tugas MCCC di Karananyar per 21 Februari 2020 dikarenakan di berbagai wilayah Kabupaten Karanganyar sudah terjadi sebaran virus yang awalnya ditemukan di Wuhan China.

“Di Karanganyar sendiri sudah ratusan juta bahkan mungkin sudah milyaran dana disalurkan oleh persyarikatan bersama warga Muhammadiyah untuk membantu dan menanggulangi wabah ini, tidak hanya vaksinasi yang dananya ditanggung oleh persyarikatan namun kegiatan-kegiatan lain seperti ketahanan pangan, desinfetaniasi, pembagian masker, edukasi, layanan ambulance dan pemakaman jenazah Covid-19. Melalui Amal Usaha Muhammdiyah (AUM) dan LAZISMU kita himpun dan salurkan dana dan kebutuhan penanggulangan corona ini”, tambah Sarilan.

Sebagaimana telah diberitakan beberapa waktu yang lalu Muhammadiyah melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan nama atau label kegiatan “Vaksinasi Covid19 untuk Lintas Agama dan Lintas Ormas”. Tanggapan dan respon positif diberikan oleh warga atas kegiatan ini meskipun belum bisa menjangakau secara keseluruhan warga.

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran Muhammadiyah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan melibatkan umat agama lain,” kata Pendeta Paulus Purwoto dari umat nasrani. Hal senada disampaikan pula Widiyanto dari Ormas LDII dan juga oleh koordinator peserta vaksinasi dari PC NU Kabupaten Karananyar. (JOe).

Bagikan