Artikel Berita Daerah

Apakah kajian daring bisa berjalan pada masa covid19 ini ?

KARANGANYAR– Minggu malam (14/06/2020) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Karanganyar meluncurkan program  “Pengajian  Daring atau secara online ” yang akan dilaksanakan serentak dengan seluruh pengurus PCM Se Kabupaten Karanganyar.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar menyambut baik pernyataan Bupati Karanganyar Juliyatmono yang telah membuka izin dibukanya pengajian pagi, namun selaku ketua Pleno beliau juga berhati-hati mengingat potensi risiko akibat berkumpul secara serentak, apalagi sudah ada edaran PP untuk selalu menjaga kondisi penularan Virus covid 19.

Beliau menyampaikan “Ya kami sambut baik Pak Bupati sudah izinkan pengajian pagi di Karanganyar, tapi kami masih gunakan model online hingga kondisi Covid 19 benar-benar sudah mereda”.

Kegiatan pengajian daring ini adalah kerjasama antara Majelis tarjih dan tadjid, Majelis tabligh serta Majelis Pustaka dan Informasi , ketiga Majelis ini di sinergikan bersama atas prakarsa Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar yaitu Bpk Muh Samsuri dan Sarilan M.Ali , dimana beliau berdua melihat adanya kekosongan pengajian ahad pagi yg telah berjalan dengan baik tiap seminggu sekali di PCM dan Ranting , untuk menghindari terjadinya jeda yang terlalu panjang utk pengajian yang selama ini terselengara maka bapak Ruswa Darsono selaku konseptor pada acara halal bihalal PDM Karanganyar bersama Bapak amien Rais waktu lalu diminta untuk bekerjasama dengan Majelis tabligh dan MPI , melalui rapat antara ketiga majelis tersebut , akhirnya disetujui bersama adanya 3 konsep kajian.

Yang Pertama – Kajian daring via Media Sosial – Whattapss , Facebook dan Youtube dimana berisikan cuplikan kajian – 30 detik , 3 menit dan 15 menit

Yang Kedua – Kajian daring via Zoom Metting dan disiarkan secara live streaming youtube yang akan dilaksanakan pada hari tiap Ahad

Yang ketiga – Kajian daring via Zoom Metting dan disiarkan secara live streaming youtube sebagai penganti dari kegiatan acara kegiatan rutin Triwulan PCM. dimana rencananya akan menghadirkan tokoh-tokoh nasional.

“Jika pengajian dan sejenisnya yaitu umat mulai jauh dengan masjid dan ulama hanya karena alasan takut Covid 19 maka berbahaya, Allah akan mencabut barokah di bumi ini” ucap Ketua PDM Karanganyar Samsuri, Beliau juga mengatakan apapun alasannya dalam pandemi Covid 19 ini pengajian terus digenjot dan tidak boleh terhenti karena itu penting dalam beragama guna mendekatkan diri kepada Alloh.

“Kita tidak mau karena Covid 19 lalu masjid sepi, pengajian ditiadakan, hubungan ulama dan umat makin jauh, maka PDM Karanganyar justru gencar berbuat untuk umat agar tetap beribadah” ujarnya.

Pengajian Daring tersebut digelar secara konsiten sesuai jadwal dan diikuti oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah PCM dan 177 Pengurus Ranting Muhammadiyah Se Karangaanyar serta seluruh Amal Usaha Muhammadiyah AUM.

“Untuk itulah diharapkan kegiatan kajian daring ini bisa konsisten dan diikuti bukan hanya PCM dan AUM namun simpatisan warga Muhammadiyah , Peserta didik disetiap AUM Pendidikan, ini agar membuktikan bahwa warga Muhammadiyah kab Karanganyar benar-benar merindu akan tausiah-tausiah dan kajian dari persyarikatan , kita optimis kajian daring ini bisa berjalan dengan baik ,bukan hanya pada masa covid19 tapi pasca wabah ini , kita masih bisa memanfaatkan tehnologi tersebut dikemudian hari ” , ucap bapak Sarilan M.Ali selaku salah satu pemrakarsa kegiatan ini.

Reporter: Arif Surya ( kabarduabelas)
Benny Suryono ( hariankota.com)
Penulis: Arif Surya

Facebook Fanpage

Suara Warga

Suarakan kabar anda di Twitter dengan hastag #kabarduabelas , otomatis muncul di bawah ini.

kabarduabelas Tetap Produktif di Saat Pandemi, PD IPM Karanganyar Gelar Seminar Entrepreneur https://t.co/qnzGd57iAQhttps://t.co/nlwxFmrDI2