510 Pimpinan dari 17 PCPM se- Kabupaten Karanganyar Serentak Dilantik Secara Luring dan Daring

0
85

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) se- Kabupaten Karanganyar Periode Muktamar ke XVII dilantik serentak oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Karanganyar secara luring di Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar dan secara daring di 17 tempat domisili PCPM, Ahad (21/3).

Pelantikan yang dikemas dalam acara sederhana namun penuh khidmat ini diikuti 510 peserta terbagi 51 peserta secara luring dan 459 secara daring dari 17 PCPM se- Kabupaten Karanganyar.

Ketua Panitia kegiatan yang juga Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, Pendidikan dan Kaderisasi PDPM Karanganyar, Tabah Sulistyono menjelaskan prosesi pelantikan secara serentak dimaksudkan untuk membangun kekompakan dan kebersamaan seluruh Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah se-Kabupaten Karanganyar. Selain itu pelantikan bersama ini bukan hanya sebatas seremonial belaka, melainkan terkandung maksud penyerahan mandat secara penuh kepada seluruh PCPM untuk mengemban amanah keorganisasian agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Prosesi pelantikan ini mungkin terlihat sederhana, namun tidak mengurangi sakralitas dan didalamnya terkandung amanah yang harus diemban sekaligus memulai pergerakan awal dalam membangun gerakan dakwah islam, amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid di tataran cabang”, ujar Tabah ketika dikonfirmasi kabarduabelas.com di sela-sela pelantikan.

Prosesi pelantikan secara Daring

Sementara Ketua PDPM Karanganyar, Sutarno dalam sambutannya menegaskan dalam waktu 3 bulan pemuda Muhammadiyah dapat menyelesaikan musyawarah cabang (muscab) di 17 kecamatan Karanganyar. Program unggulan yang akan menjadi prioritas PCPM yang bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar ialah meningkatkan kualitas keagamaan, sosial, budaya, pemberdayaan ekonomi pemuda dan olahraga

“Dalam waktu 3 bulan Pemuda Muhammadiyah dapat menyelesaikan 17 Musyawarah Cabang (Musycab). Tak berhenti di situ kami Pemuda Muhammadiyah sudah menjalankan progam antaranya, dapat mendirikan sekolah Bahasa Arab yang sudah terdapat 16 santri, mengadakan kajian rutin yaitu kajian Senin Malam Selasa (SEMASA), dan selanjutnya dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, Pemuda Muhammadiyah mengadakan safari ramadhan, bakti sosial, buka puasa bersama serta kajian tarawih,” ujar Tarno

Selain itu, Sutarno juga menegaskan kembali akan mengupayakan terbentuknya 10.000 Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Kabupaten Karanganyar. Hal itu disambut baik oleh Eko Pujiatmoko selaku ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM). Eko Pujiatmoko memberikan saran agar PCPM Karanganyar dapat membentuk Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) Karanganyar untuk merealisasikan upaya pembentukan 10.000 KOKAM di Kabupaten Karanganyar.

“Agar lebih cepat membentuk 10.000 KOKAM bahkan lebih, maka PCPM di masing masing kecamatan membentukuk Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Karanganyar,” pesan Eko Pujiatmoko dalam sambutannya

Dr. H. Muh Samsuri, M.SI selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar sangat bangga dengan PCPM Karanganyar karena pada periode ini dapat menyelesaikan Musycab PCPM Karanganyar.

“Periode ini merupakan kebangkitan Pemuda Muhammadiyah Karanganyar, saya sangat bangga dengan periode ini karena dapat menyelesaikan Musycab dalam waktu 3 bulan dalam 17 kecamatan Karanganyar,” ujar Muh Samsuri.

Kontributor : Eva & Tabah
Foto : Iswanto
Editor : Mel_

Bagikan