TvMu Info

Suara Warga

Suarakan kabar anda di Twitter dengan hastag #kabarduabelas , otomatis muncul di bawah ini.

kabarduabelas Tahun Ajaran Baru, SMA Muhammadiyah Darul Arqom Siap Bersaing https://t.co/M0RQT3Ytln #kabarduabelas https://t.co/XyqaboNPZN
kabarduabelas Tertarik Soliditas Kinerja, Ranting Muhammadiyah Mlangi Kab. Sleman Studi Banding ke PDM Karanganyar… https://t.co/tf1dvbI2FH

Facebook Fanpage

Facebook By Weblizar Powered By Weblizar
Berita Daerah

Aisyiah Jawa Tengah Pelopori Program Nasional Ormas Perempuan Peduli Lingkungan dan Bencana

Karanganyar, Ahad(07/07/2019) – Pimpinan Wilayah Aisyiah PWA Provinsi Jawa Tengah telorkan prestasi emas dengan mempelopori program nasional Ormas perempuan peduli lingkungan. Program tersebut sekaligus menggugah para perempuan di Indonesia untuk aktif peduli terhadap dua masalah krusial saling melekat tentang lingkungan. Yakni dengan peduli terhadap lingkungan maka secara otomatis berimbas terhadap meminimalisasi potensi bencana alam di sekitarnya.

Alasan kuat digulirkannya program nasional itu adalah perempuan selalu menjadi korban paling pertama jika terjadi musibah bencana alam sehingga sudah saatnya perempuan dibangkitkan untuk segera sadar agar tidak menjadi korban berikutnya.

Ketua PW Aisyiah Jateng Ummul Baroroh mengatakan disadari atau tidak bahwa dari sekian kasus bencana alam banyak yang hubungan sebab akibat terkait dengan sampah. Diantaranya banjir dan wabah penyakit yang ditimbulkan oleh sampah.

“Kita tahu dari hulu nya persoalan sampah kali pertama bidangnya perempuan terutama sampah rumah tangga sehingga jika di hulu nya para perempuan sadar akan manajemen penempatan sampah maka hilirnya tidak akan memicu masalah terutama banjir dan sebagainya” tegasnya usai membuka Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana LKHPB di Tawangmangu Sabtu (6/06).

Ummul menjelaskan pihaknya bermitra dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mensukseskan program tersebut secara nasional.

Adapun secara simbolis  program itu dikuatkan dengan kegiatan Jambore LLHPB Se-Jawa dan DIY di Tawangmangu selama tiga hari. Selanjutnya bergulir ke Provinsi lainnya.

“Secara teknis kami dan Kementrian terus melakukan formula program itu yang mana arahnya kader Aisyiah seluruh Indonesia sudah diwarning siap bergerak di lapangan membangunkan perempuan sadar lingkungan.

Sementara Pejabat Kementrian LH dan Kehutanan Ary Sugasri mengaku bangga dengan gebrakan PW Aisyiah Jateng yang kali pertama menyadarkan pentingnya program tersebut.

“Kiprah PW Aisyiah ini kami apresiasi serius karena sama halnya membantu pemerintah perihal kesadaran lingkungan hidup. Dan kami komitmen support secara kontinyu menjadi program nasional” tegasnya di sela menyambut Jambore LLHBP di Tawangmangu.

Ary berharap selain ormas Aisyiah diharapkan ormas yang lainnya segera menyusul. Pihaknya menunggu dengan serius.(MPI PDM Kra-BEN/JOe)