TvMu Info

Suara Warga

Suarakan kabar anda di Twitter dengan hastag #kabarduabelas , otomatis muncul di bawah ini.

kabarduabelas Tahun Ajaran Baru, SMA Muhammadiyah Darul Arqom Siap Bersaing https://t.co/M0RQT3Ytln #kabarduabelas https://t.co/XyqaboNPZN
kabarduabelas Tertarik Soliditas Kinerja, Ranting Muhammadiyah Mlangi Kab. Sleman Studi Banding ke PDM Karanganyar… https://t.co/tf1dvbI2FH

Facebook Fanpage

Facebook By Weblizar Powered By Weblizar
Berita Daerah

Bukti Muhammadiyah Melestarikan Budaya, Tonjolkan Budaya Jawa Pada Halal Bi Halal

Karanganyar, Selasa(18/06/2019) – Jika dinamika zaman terjadi perdebatan pertentangan antara aliran agama dengan budaya, namun Muhammadiyah sebagai Ormas keagamaan justru bersikap fleksibel.

Meski Muhammadiyah mendapat Cap sebagai ormas besar peka zaman, namun organisasi ini tetap konsisten merawat budaya.

Kali ini komitmen itu dibuktikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah PDM Kabupaten Karanganyar. Momentum acara Halal Bi Halal 1440 yang digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah sarat kental dengan nuansa budaya jawa.

Pada inti acara dilakukan ikrar Halal Bi Halal yang diiring gending jawa serta menggunakan bahasa jawa. Yakni ikrar permohonan maaf dari kader muda kepada sesepuh PDM.

Suasana tampak hanyut dalam nuansa jawa yang mana ikrar itu merupakan bentuk nilai nulai sopan santun budi pekerti ditonjolkan.

Ketua PDM Kabupaten Karanganyar Samsuri mengatakan pihaknya tetap komitmen pada budaya lokal sehingga ikon budaya jawa selalu disisipkan tiap ada acara Halal Bi Halal dan acara lainnya. “Muhammadiyah itu luwes moderat dan memahami arti budaya sehingga kita bukan anti tapi justru selalu kami dorong kembangkan,” ujarnya.

Bahkan menurut Samsuri khusus acara Halal Bi Halal tahun ini hampir 40 persen ikon budaya lokal ditampilkan. Diantaranya wayang dalang cilik serta tari jawa. “Porsi waktu untuk ikon jawa ini cukup lama sehingga para tamu terhibur.

Meski demikian lanjut Samsuri untuk inti tema keagamaan pada acara itu tetap dominan. Yakni berupa tausyiah dari PP Muhammadiyah guna memantapkan perjuangan organisasi. (MPI PDM KRA – BEN)

PHOTO GALERI