TvMu Info

Suara Warga

Suarakan kabar anda di Twitter dengan hastag #kabarduabelas , otomatis muncul di bawah ini.

No tweets returned

Facebook Fanpage

Facebook By Weblizar Powered By Weblizar
Berita Daerah

Bakar Semangat Peserta Turba, PDM Sampaikan Semangat Bushido Kesatria Jepang

Karanganyar, Ahad(26/05/2019) – Silaturahmi Ramadhan (Turba) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar putaran ke-2 Ahad ini diselenggarakan di beberapa tempat, salah satunya di Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gondangrejo yang ditempatkan di halaman SMK Muhammadiyah 1 Gondangrejo. Sebelumnya, Ahad kemarin, PDM telah membagi 9 Tim untuk bertugas silaturahmi sekaligus memberikan paparan kepada PCM yang ketempatan Turba. Salah satu yang menjadi tujuan dari kegiatan rutin tahunan ini adalah adanya konsolidasi organisisa. Sehingga organisasi Muhammadiyah semakin solid dari tingkat Ranting hingga tingkat Pimpinan Daerah.

Sebelum pemaparan materi oleh narasumber yang telah ditunjuk, Ketua Tim 2 sekaligus Wakil Ketua PDM Karanganyar, Drs. Nur Hidayat, M.Pd, menyemangati para peserta dengan sebuah kode etik keksatriaan golongan Samurai dalam feodalisme Jepang yaitu Bushido. Menurutnya, kode etik dan semangat Bushido ini terkandung nilai – nilai Islami hanya saja orang Islam di Indonesia belum sepenuh hati menerapkan semangat Islami dari Bushido itu sendiri.

“Dalam penerapannya kita masih kalah dengan orang jepang”, tandas Nur Hidayat.

Wakil Ketua PDM, Nur Hidayat, ketika memberikan sambutan sebelum pemaparan materi oleh para narasumber

Menurutnya, Kode Bushido tersebut ditandai dengan 7 semangat Islami diantaranya semangat kesungguhan, keberanian, kebajikan/kebenaran, penghargaan, mengedepankan kejujuran, kehormatan dan kesetiaan. Ia juga menceritakan kisah tentang Muhammad Abduh yang menemukan spirit Islam di Barat tapi tidak menemukan orang muslim di sana, sedangkan ketika di Mesir ia menemukan banyak orang muslim tapi tidak menemukan spirit Islam.

“Jepang maju karena inovasinya, anda bisa lihat sepeda motor saja anda beli tahun ini, tahun depan sudah ketinggalan”, tambahnya.

Ia mengajak agar warga Muhammadiyah bisa mengambil pelajaran dari kode samurai Jepang, Bushido tersebut dalam kehidupan berMuhammadiyah. Selain itu Nur Hidayat juga menyampaikan perkembangan persyarikatan seperti TokoMu, AirMu, dan lain – lain.

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari PCM, PRM dan AUM ini menghadirkan 3 narasumber diantaranya “Pelayanan Sosial dan Pengembagan Cabang dan Ranting”, “Pengkaderan dan Lazismu”, serta “Bina Keluarga Sakinah”. (MPI PDM Kra – Oki)

PHOTO GALERI: